Kilas Internasional

Rusia Klaim Lebih Unggul dari AS hingga Jet Tempur Iran Jatuh

CNN Indonesia | Jumat, 27/12/2019 06:42 WIB
Rusia Klaim Lebih Unggul dari AS hingga Jet Tempur Iran Jatuh Ilustrasi alutsista Rusia. (Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia mengaku alat utama sistem persenjataan mereka kini lebih unggul dari Amerika Serikat hingga jet tempur Iran dilaporkan jatuh di puncak Gunung Sabalan, Provinsi Ardabil, meramaikan berita internasional, Kamis (26/12).

1. Rusia Sebut Alutsista Mereka Kini Lebih Unggul dari AS

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyatakan saat ini belum ada negara yang mampu menandingi kemampuan mereka untuk membuat dan mengembangkan senjata dengan kecepatan hipersonik. Dia mengatakan saat ini Rusia justru terdepan dalam hal alat utama sistem persenjataan dan tidak lagi tertinggal dari Amerika Serikat seperti di masa lalu.
"Kini kita mempunyai situasi yang unik, di mana kini mereka yang mencoba mengejar kita. Tidak ada satupun negara yang mempunyai senjata hipersonik. apalagi senjata hipersonik antarbenua," kata Putin dalam pidato di hadapan petinggi Angkatan Bersenjata Rusia di Moskow, pada Selasa lalu, seperti dilansir Associated Press, Rabu (25/12).

2. PM Netanyahu Dievakuasi Akibat Serangan Roket dari Gaza

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terpaksa dievakuasi saat berkampanye setelah sebuah roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza berupaya menghantam Kota Ashkelon pada Rabu (25/12).
[Gambas:Video CNN]
Militer Israel menuturkan roket itu berhasil ditembak jatuh oleh sistem anti-rudal mereka, Iron Dome, sebelum menghantam Ashkelon yang berjarak 12 kilometer dari wilayah Palestina.


Stasiun televisi Israel memperlihatkan Netanyahu dikawal turun panggung oleh para pengawalnya di tengah pidatonya tak lama setelah sirine peringatan berbunyi. Netanyahu disebut segera dibawa ke rumah aman usai peringatan serangan roket itu berbunyi.

3. Jet Tempur Iran Jatuh di Puncak Gunung Api saat Hari Natal

Sebuah jet tempur Iran dilaporkan jatuh di puncak Gunung Sabalan yang terletak di Provinsi Ardabil, barat laut negara Timur Tengah itu pada Rabu (25/12).

Kantor berita Iran, IRNA, melaporkan jet tempur jenis MiG-29 itu jatuh sekitar pukul 09.00 pagi waktu setempat saat melakukan penerbangan uji coba perdana usai dirombak.

Rekaman video amatir yang tersebar di media sosial memperlihatkan asap membumbung tinggi di atas puncak Gunung Sabalan yang tertutup salju. (dea)