Tidak Ada Korban WNI dalam Kecelakaan Pesawat Ukraina di Iran

CNN Indonesia | Rabu, 08/01/2020 18:03 WIB
Tidak Ada Korban WNI dalam Kecelakaan Pesawat Ukraina di Iran Serpihan Boeing 737 dalam kecelakaan pesawat Ukraine International Airlines di Iran. (Foto: AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri Ukraina, Vadim Prystaiko mengonfirmasi 167 penumpang dan sembilan kru yang tewas dalam kecelakaan pesawat Boeing 737 milik Ukraine International Airlines berasal dari beberapa kewarganegaraan. Namun dipastikan tidak ada warga asal Indonesia dalam kecelakaan tersebut.

"Sudah dicek tidak ada korban WNI," jelas Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/1).

Dilansir Associated Press, secara rinci korban tewas terdiri dari 82 warga negara Iran, 63 warga Kanada, 11 warga Ukraina (dua penumpang dan sembilan kru), 10 warga Swedia, empat warga Afghanistan, tiga warga Jerman, dan tiga orang berkebangsaan Inggris.


Pihak maskapai mengatakan mayoritas penumpang menuju ibu kota Ukraina, Kyiv untuk transit dan melanjutkan penerbangan ke negara tujuan.

Seorang staf di bandara Boryspil, Kyiv mengatakan mayoritas penumpang merupakan mahasiswa Iran yang hendak kembali ke Ukraina setelah menghabiskan liburan musim dingin.

Presiden Ukraine Internasional Airlines, Yevhen Dykhne mengatakan pihaknya menghentikan sementara jadwal penerbangan ke Teheran setelah kecelakaan tersebut. Ia juga menyebut pesawat yang jatuh di dekat lapangan di Iran itu sebagai salah satu armada terbaik.

[Gambas:Video CNN]

Dykhne mengatakan pihaknya belum dapat memastikan kapan batas waktu untuk penghentian penerbangan ke Teheran.

"Itu [penerbangan PS-752] merupakan salah satu pesawat terbaik yang kami miliki, dengan awak yang luar biasa bisa diandalkan," ungkap Dykhne.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memerintahkan upaya pemeriksaan menyeluruh untuk mencari penyebab kecelakaan, tak peduli hasil investigasinya.

Sebelum terbang meninggalkan bandara internasional Imam Khomeini di Teheran, Iran, pesawat Boeing 737 ini sempat tertunda selama hampir satu jam. Data yang dirilis FlightRadar24 mencatat pesawat yang mengangkut 176 orang itu sempat lepas landas ke arah barat kota Teheran, namun tak sempat menyentuh ketinggian 8.000 kaki.

Hingga kini belum diketahui penyebab kecelakaan. Dugaan sementara pesawat jatuh karena masalah teknis. (AP/evn)