Greta Thunberg Diusulkan Lagi Untuk Nobel Perdamaian

CNN Indonesia | Selasa, 04/02/2020 07:30 WIB
Aktivis remaja Swedia, Greta Thunberg, kembali diusulkan untuk meraih Nobel Perdamaian 2020. Aktivis remaja Swedia, Greta Thunberg, kembali diusulkan untuk meraih Nobel Perdamaian 2020. (CRISTINA QUICLER / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktivis remaja asal Swedia, Greta Thunberg, diusulkan sebagai calon peraih penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun ini. Dia dicalonkan oleh dua politikus Partai Kiri Swedia, Jens Holm dan Hakan Svenneling.

"Thunberg telah bekerja keras untuk membuka mata para politikus terhadap krisis iklim. Aksi untuk menekan tingkat emisi negara kami supaya sesuai dengan Kesepakatan Paris juga bentuk perdamaian," demikian isi pernyataan kedua politikus itu, seperti dilansir Associated Press, Senin (3/2).


Thunberg yang saat ini berusia 17 tahun mengajak rekannya sesama pelajar untuk bolos sekolah dan menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung parlemen Swedia setiap Jumat. Gerakan itu kemudian dikenal dengan nama 'Jumat untuk Masa Depan' dan menyebar ke seluruh Eropa.


Tahun lalu, Thunberg dan empat orang lainnya menjadi pemenang penghargaan Right Livelihood Award, yang juga dijuluki sebagai 'Nobel Alternatif'. Dia juga menjadi "Person of the Year" majalah Time.

[Gambas:Video CNN]

Tiga anggota parlemen Swedia juga mencalonkan Thunberg kepada Komite Nobel tahun lalu. Sampai saat ini Komite Nobel di Swedia belum memberikan pernyataan terkait nominasi Thunberg. Pendaftaran nominasi sudah dimulai pada 1 Februari lalu.

Kesepakatan Paris yang dibuat lima tahun lalu mengimbau seluruh negara mengambil kebijakan untuk menahan laju kenaikan suhu Bumi, yang memicu mencairnya es dan kenaikan muka air laut, serta mengubah pola musim hujan. Sejumlah negara diminta untuk membuat rencana menekan tingkat emisi sehingga kenaikan suhu Bumi di bawah 2 derajat Celsius. (ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK