KILAS INTERNASIONAL

Lab China Bantah Sumber Corona hingga Ultah Kaisar Jepang

CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 07:29 WIB
Lab China Bantah Sumber Corona hingga Ultah Kaisar Jepang Bantahan laboratorium China soal tuduhan sumber virus corona sampai Jepang tidak peringati ulang tahun Kaisar Naruhito. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Senin (17/2) kemarin. Mulai dari bantahan laboratorium China soal tuduhan sumber virus corona sampai Jepang tidak peringati ulang tahun Kaisar Naruhito. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Dituding sumber virus corona, laboratorium China buka suara

Sebuah lembaga penelitian virus di China yang berlokasi di Wuhan, membantah tudingan yang menyebut bahwa institusinya merupakan sumber epidemi virus corona.


Melalui sebuah pernyataan, Institut Virologi Wuhan menyangkal salah satu karyawannya adalah pembawa virus corona.

"Baru-baru ini ada informasi palsu tentang Huang Yanling, lulusan dari institut kami, yang mengklaim bahwa dia adalah pembawa virus corona (patient zero)," kata institut tersebut sambil menegaskan bahwa klaim itu tidak benar.

[Gambas:Video CNN]

Institut Virologi Wuhan menyebut Huang merupakan seorang mahasiswi pascasarjana di lembaga itu sampai 2015 lalu. Setelah lulus, Huang dikabarkan meninggalkan Wuhan dan belum kembali sejak itu.

Institut tersebut juga menjelaskan bahwa Huang dalam kondisi sehat dan tidak didiagnosis virus corona.

Dilansir dari South China Morning Post, Senin (17/2), hingga kini pihak berwenang China belum merilis identitas pasien pertama virus corona ke publik.


2. Kepanikan virus corona, kelompok bersenjata curi tisu toilet

Pihak berwenang Hong Kong tengah memburu kelompok bersenjata yang mencuri ratusan tisu gulung toilet di tengah kelangkaan barang akibat kepanikan warga terhadap penyebaran virus corona.

Polisi mengatakan seorang sopir truk disekap oleh tiga pria bersenjata di luar supermarket yang terletak di distrik Mong Kok, sebuah kawasan menengah bawah yang menjadi basis sejumlah geng kejahatan terorganisir beroperasi.

"Seorang pengantar barang diancam oleh tiga pria yang memegang pisau dan mencuri tisu toilet senilai lebih dari Rp1,76 juta," ucap seorang juru bicara kepolisian Hong Kong kepada AFP pada Senin (17/2).


3. Khawatir corona, Jepang batal rayakan ulang tahun Kaisar Naruhito

Jepang menyatakan akan membatalkan perayaan publik ulang tahun Kaisar Naruhito yang baru saja naik takhta pada Mei tahun lalu.

Pembatalan ini dilakukan menyusul kepanikan warga Jepang yang meningkat seiring dengan penyebaran virus corona yang memburuk.

"Di tengah situasi-situasi yang beragam, kami memutuskan untuk membatalkan kunjungan publik ke istana dalam perayaan ulang tahun Yang Mulia Kaisar," kata Lembaga Rumah Tangga Kekaisaran melalui pernyataan pada Senin (17/2).

[Gambas:Video CNN]

Pembatalan itu dilakukan tak lama setelah pemerintah Jepang memperingatkan seluruh masyarakat untuk menghindari kerumunan dan "perkumpulan-perkumpulan yang tidak penting".

"Karena itu kami ingin meminta publik untuk menghindari pertemuan dan perkumpulan yang tidak penting. Kami ingin warga lanjut usia dan yang memiliki kondisi-kondisi khusus untuk menghindari kerumunan di tempat umum," kata Kato seperti dilansir AFP. (ayp/ayp)