95 Ribu Orang di 77 Negara Terinfeksi Virus Corona

CNN Indonesia | Kamis, 05/03/2020 12:20 WIB
WHO memaparkan virus corona telah menginfeksi lebih dari 93.164 orang di 77 negara di dunia. WHO memaparkan virus corona telah menginfeksi lebih dari 93.164 orang di 77 negara di dunia. (Kim Jong-un/Yonhap via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Kesehatan Dunia (WHO) memaparkan virus corona telah menginfeksi lebih dari 93.164 orang di 77 negara di dunia pada Kamis (5/3). Hingga kini, sebanyak 3.119 orang dari 77 negara itu juga meninggal akibat virus serupa SARS tersebut.

Sementara itu, CNN melaporkan kasus virus corona telah menyerang hampir 95 ribu orang secara global dengan kasus kematian mencapai 3.283 jiwa.


Covid-19 muncul dan mulai menyebar dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China sekitar Desember 2019 lalu. Kala itu, Covid-19 masih menjadi virus misterius dengan sebutan corona Wuhan.


Di China sendiri virus itu telah menular ke 80.422 orang. Jumlah kematian di China akibat corona telah mencapai 2.984 jiwa. Sebanyak 52.208 pasien telah dinyatakan sembuh.

Korea Selatan menjadi negara yang memiliki kasus corona terbanyak setelah China yakni 5.766 kasus. Sebanyak 35 orang tercatat meninggal dunia akibat terinfeksi virus tersebut.

Italia menjadi negara ketiga dengan kasus corona terbanyak mencapai 3.089 kasus. Italia juga menjadi negara dengan kasus kematian terbanyak akibat Covid-19 yang sejauh ini mencapai 107 orang.

Italia bahkan memutuskan meliburkan sekolah dan universitas sampai 15 Maret mendatang. Pemerintah negara tersebut telah menetapkan zona merah di utara Italia, terutama wilayah Lombardia yang memiliki kasus corona terbanyak.

Sementara itu, Iran menjadi negara keempat dengan kasus corona terbanyak di dunia yakni mencapai 2.922 dengan 92 kematian.

[Gambas:Video CNN]

Akibat penyebaran Covid-19 yang masif dan sporadis, banyak negara yang memberlakukan larangan perjalanan bagi warga asing terutama dari negara-negara dengan kasus corona terbanyak seperti China, Korea Selatan, Italia, dan Iran.

Banyak negara yang juga memberlakukan pengetatan pemeriksaan di bandara-bandara dan pelabuhan utama demi mencegah penyebaran corona. Sebelum terpapar virus corona, Arab Saudi bahkan telah menutup Mekkah dan Madinah bagi umat Muslim yang ingin pergi umrah dari seluruh negara.

Saudi juga menangguhkan visa wisata bagi turis-turis yang berasal dari negara-negara dengan kasus corona terbanyak.

Hari ini, Saudi bahkan memutuskan melarang sendiri warga negaranya untuk beribadah umrah dan mengunjungi Madinah.

WHO hingga kini belum menyatakan virus corona sebagai pandemik atau penyakit yang tersebar luas di suatu kawasan, benua, atau bahkan di seluruh dunia.

Hingga saat ini badan kesehatan itu masih menganggap Covid-19 sebagai epidemi atau penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban atau wabah.
95 Ribu Orang di 77 Negara Terinfeksi Virus Corona(CNN Indonesia/Fajrian)

Penyebaran virus corona juga turut mempengaruhi pergerakan ekonomi sejumlah negara seperti China, Iran, Singapura, Malaysia, bahkan tak terkecuali Indonesia.

Sejak Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok terinfeksi virus corona, nilai saham IHSG turun dan memicu investor asing kabur. (rds/ayp)