Joe Biden Ajak Rival Kerja Sama Kalahkan Trump di Pilpres AS

CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2020 20:58 WIB
Bakal capres Partai Demokrat, Joe Biden, mengajak rivalnya, Bernie Sanders, untuk mengalahkan Donald Trump di pilpres pada November. Bakal capres Partai Demokrat, Joe Biden, mengajak rivalnya, Bernie Sanders, untuk mengalahkan Donald Trump di pilpres pada November. (AP/Matt Rourke)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan wakil presiden Amerika Serikat era Barack Obama, Joe Biden, memberi isyarat bakal bekerja sama dengan rivalnya di Partai Demokrat, Bernie Sanders, untuk mengalahkan Presiden Donald Trump di pemilihan presiden pada November mendatang.

Hal itu diutarakan Biden usai meraup suara mayoritas dalam pemilihan kandidat capres Demokrat ketiga di negara bagian Michigan dan mengalahkan Sanders.


Biden juga mendapat suara mayoritas dalam dua pemilihan kandidat capres Demokrat sebelumnya di Mississippi dan Missouri.


Kepada wartawan usai mengetahui kemenangannya dalam pemilihan di Michigan, Biden mengatakan memiliki visi dan misi yang sama dengan Sanders sehingga tak memungkiri peluang bekerja sama dengan politikus 78 tahun itu.

"Saya ingin berterima kasih kepada Bernie Sanders dan para pendukungnya karena energi dan semangat mereka yang tak kenal lelah. Bersama-sama, kami akan mengalahkan Donald Trump. Kami akan menyatukan bangsa ini," ucap Biden pada Selasa (10/3).

Kepada para pendukung, Biden menegaskan bahwa kemenangannya di Michigan pada Selasa malam kemarin membuat perjuangan mengembalikan martabat dan kehormatan ke Gedung Putih menjadi selangkah lebih dekat lagi

[Gambas:Video CNN]

"Terima kasih, Michigan," ucap Biden melalui kicauan di Twitter seperti dilansir AFP.

Dalam dua pemilihan sebelumnya, Biden berhasil meraup 670 suara, sementara Sanders hanya mampu mendapat 574 dukungan.

Biden juga dengan mudah memenangkan suara terbanyak dalam pemilihan di Michigan.

Sejumlah pihak menganggap kemenangannya kemarin merupakan kunci bagi senator dari wilayah Delaware itu untuk semakin dekat meraih tiket capres Demokrat dan melawan Trump.


Meski begitu, Biden masih harus menghadapi lebih dari 25 pemilihan kandidat capres Demokrat. Seorang individu harus memiliki setidaknya 1.991 suara demi menjadi kandidat capres. (rds/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK