Hindari Lockdown, WNI di Luar Negeri Diimbau Segera Pulang

CNN Indonesia | Selasa, 17/03/2020 18:48 WIB
Pemerintah Indonesia mengimbau seluruh WNI di luar negeri bergegas pulang menghindari lockdown dan pandemi virus corona. WNI yang dievakuasi dari Kapal Pesiar World Dream. Pemerintah Indonesia mengimbau seluruh WNI di luar negeri bergegas pulang menghindari lockdown dan pandemi virus corona. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Indonesia mengimbau seluruh warga (WNI) yang tengah bepergian ke luar negeri untuk segera pulang untuk menghindari pembatasan perlintasan (lockdown) yang dilakukan sejumlah negara untuk mencegah penyebaran virus corona.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menuturkan imbauan itu diterapkan sebagai langkah antisipasi pemerintah agar WNI tidak kesulitan jika ingin pulang di tengah situasi tak menentu akibat pandemi virus corona (Covid-19).


"Untuk Warga Negara Indonesia yang saat ini sedang bepergian ke luar negeri, diharapkan untuk segera kembali ke Indonesia sebelum mengalami kesulitan penerbangan lebih jauh lagi," kata Retno saat menyampaikan pernyataan pers melalui video di Jakarta, pada Selasa (17/3).


Retno juga mengimbau supaya seluruh warga Indonesia membatasi dan menunda rencana bepergian ke luar negeri, kecuali memiliki kepentingan mendesak mengingat semakin banyak negara yang mengalami wabah Covid-19.

Hingga saat ini, sebanyak 182.699 orang terinfeksi virus corona di 162 negara dan wilayah di dunia. Sebanyak 7.173 orang di dunia dinyatakan meninggal akibat virus serupa SARS tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Meski begitu, sebanyak 79.883 pasien corona juga telah dinyatakan sembuh.

China masih menjadi negara dengan kasus corona terbanyak yakni mencapai 80.881 kasus dengan 3.226 kematian. Sementara itu, Italia menjadi negara kedua dengan kasus Covid-19 yang menyentuh 27.980 kasus dengan 2.158 kematian.

Retno mengatakan sejumlah negara saat ini juga telah memberlakukan kebijakan pembatasan lalu lintas orang.

"Oleh karena itu, semua warga negara Indonesia diminta untuk terus mencermati informasi di aplikasi Safe Travel atau menghubungi hotline perwakilan RI terdekat," tutur Retno.
Hindari Lockdown, WNI di Luar Negeri Diimbau Segera Pulang(CNN Indonesia/Fajrian)
Pemerintah juga menyatakan untuk sementara menunda penerapan bebas visa kunjungan, penerbitan visa kunjungan saat kedatangan, serta visa diplomatik. Hal itu dilakukan sebagai upaya pembatasan lalu lintas bagi warga asing di tengah situasi pandemi virus corona. (rds/ayp)