4 TKA China Diculik dari Lokasi Tambang di Nigeria

dea, CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2020 03:42 WIB
Sejumlah pria bersenjata menculik empat tenaga kerja asing (TKA) asal China dari sebuah lokasi tambang di selatan Nigeria. Ilustrasi penculikan. (Istockphoto/Paul Bradbury)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pria bersenjata menculik empat tenaga kerja asing (TKA) asal China dari sebuah lokasi tambang di selatan Nigeria. Pelaku juga menembak mati anggota polisi yang berjaga.

Seperti dikutip dari AFP, insiden itu terjadi di negara bagian Cross River pada Rabu (22/7) malam waktu setempat.

"Empat pekerja Tiongkok diculik oleh orang-orang bersenjata tak dikenal," kata juru bicara kepolisian Cross River, Irene Ugbo. Menurut dia, seorang polisi berpangkat sersan yang menjaga lokasi tambang tewas ditembak oleh komplotan itu.


Tokoh masyarakat setempat Dominic Akpan menyebut pelaku terdiri dari enam orang. Mereka membawa senapan Kalashnikov. "Mereka menembak ke udara sementara satu orang mengarah ke polisi, menembak dan mengambil senjatanya," kata dia.

Penculikan untuk meminta tebusan sudah biasa terjadi di wilayah tersebut. Warga asing kerap menjadi sasaran empuk komplotan pelaku.

Korban penculikan sering kali dibebaskan tanpa mengalami luka-luka setelah membayar uang tebusan. Meski demikian polisi belum mengambil kesimpulan motif penculikan tersebut. Hingga kini aparat masih memburu para pelaku.

(dea)

[Gambas:Video CNN]