Balas Serangan Roket, Jet Israel Gempur Basis Hamas di Gaza

AFP, CNN Indonesia | Senin, 03/08/2020 09:59 WIB
Sejumlah jet tempur Israel membombardir basis Hamas di Jalur Gaza, Palestina, sebagai balasan atas serangan roket yang diluncurkan pada Minggu (2/8). Ilustrasi serangan Israel ke Jalur Gaza. (Mahmud Hams / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah jet tempur Israel membombardir basis Hamas di Jalur Gaza, Palestina, sebagai balasan atas serangan roket yang diluncurkan pada Minggu (2/8).

Militer Israel menuturkan sebuah "proyektil" yang meluncur dari Gaza berhasil ditembak jatuh oleh sistem anti-roket Iron Dome.

Israel memaparkan serangan roket itu merupakan yang pertama dilakukan kelompok milisi dari Jalur Gaza di bulan Juli. Serangan roket itu sempat memicu sirine peringatan berbunyi.


"Sebagai respons atas serangan roket itu, jet tempur dan pesawat kami baru saja menyerang fasilitas kelompok teror Hamas di Gaza," ucap Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melalui pernyataan seperti dikutip AFP.

Sirine peringatan serangan sempat berbunyi di wilayah Shaar Hanegev. Meski begitu, seorang juru bicara dewan wilayah tersebut mengatakan serangan proyektil dari Gaza tersebut tidak menyebabkan kerusakan atau pun memakan korban.

Israel dan Hamas terlibat tiga kali peperangan dalam beberapa tahun terakhir.

Perang antara keduanya terakhir terjadi pada 2014. Saat itu tercatat 2.251 warga Palestina meninggal, dan 74 orang Israel tewas.

Meski gencatan senjata sempat disepakati dalam beberapa bulan terakhir, Israel dan Hamas terus saling meluncurkan serangan.

(rds/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK