517 Tahanan Positif Corona, Penjara AS jadi Klaster Baru

CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 20:25 WIB
Sebanyak 517 narapidana di penjara ASPC-Tuscon Whetstone, Arizona, Amerika Serikat, dinyatakan positif mengidap virus corona. Ilustrasi. Sekitar 517 napi terinfeksi virus corona di AS. (Foto: Istockphoto/menonsstocks)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 517 narapidana di penjara ASPC-Tuscon Whetstone, Arizona, Amerika Serikat, dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

The Arizona Department of Correction mengatakan jumlah kasus positif Covid-19 itu hampir setengah populasi penjara tersebut.

"Para napi saat ini ditempatkan bersama di daerah terpisah dan menerima perawatan medis yang sesuai. Mereka tidak akan diizinkan kembali ke tempat masing-masing sampai mereka sembuh secara medis," bunyi pernyataan departemen tersebut pada Rabu (5/8).


Pandemi corona telah menyerang banyak penjara di AS, rumah bagi setidaknya 2,3 juta narapidana Negeri Paman Sam.

Pejabat sipir tak dapat menerapkan jaga jarak sosial yang cukup di dalam sel lantaran jumlah napi yang penuh tak sebanding dengan besar ruangan. Selain itu, banyak penjara AS yang juga kekurangan tenaga medis dan alat pelindung diri.

Negara Bagian Arizona memiliki populasi 7,3 juta dan tercatat memiliki lebih dari 180 ribu kasus positif corona. Sebanyak 1.429 kasus corona di wilayah itu terdapat di penjara-penjara.

Demi meredam penularan corona di penjara, pihak berwenang AS telah membebaskan puluhan ribu napi. Napi-napi yang diberikan keringanan tersebut teridir dari tahanan yang melakukan kejahatan kecil atau mendekati akhir masa hukuman mereka.

Berdasarkan statistisk Worldometer per Kamis (6/8), Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia yakni lebihd ari 4,9 juta kasus dan 161.601 kematian.

(rds)

[Gambas:Video CNN]