Istri Eks Menkeu Malaysia Didakwa Korupsi

CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 01:50 WIB
Istri mantan Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng, Betty Chew didakwa atas tuduhan korupsi. Sang suami juga kembali didakwa korupsi Mantan Menkeu Malaysia Lim Guan Eng. (AFP PHOTO / Roslan RAHMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Istri mantan Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng, Betty Chew didakwa atas tuduhan korupsi. Lim dan Betty sama-sama didakwa dalam kasus korupsi dalam persidangan yang digelar hari ini di pengadilan di kota Butterworth, Selasa (11/8).
 
Dilansir dari AFP, Lim didakwa menyalahgunakan posisinya untuk mendapatkan RM372.009 (USD$88.573) atau sekitar Rp1,3 miliar sebagai gratifikasi untuk istrinya atas proyek asrama pekerja.

 
Sementara Betty didakwa dengan tiga tuduhan pencucian uang, sementara seorang pengusaha wanita juga didakwa karena bersekongkol dengan Lim. Kedua wanita itu mengaku tidak bersalah.
 
Mengaku tidak bersalah, Lim mengatakan tuduhan terhadap dia dan Chew "tidak berdasar dan bermotivasi politik".
 
"Saya pikir ini adalah tindakan balas dendam politik terhadap saya," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di media sosial.
 


Ini merupakan tuduhan korupsi ketiga yang dihadapi Lim dalam beberapa hari terakhir.
 
Sebelumnya dia didakwa di Kuala Lumpur pada Jumat (7/8) karena meminta suap atas proyek konstruksi senilai USD$ 1,5 miliar atau Rp21,9 triliun dan menghadapi tuduhan korupsi kedua di Penang pada Senin (10/8) karena menerima suap atas proyek yang sama.
 
Lim adalah anggota utama koalisi berkuasa pada pemilu 2018 yang menggulingkan rezim penuh korupsi yang memerintah Malaysia selama enam dekade.


(ans/dea)

[Gambas:Video CNN]