Yoshihide Suga Dapat Dukungan Petinggi LDP Jadi PM Jepang

CNN Indonesia | Rabu, 02/09/2020 17:03 WIB
Dua anggota utama dari berkuasa di Jepang, LDP mendukung Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dalam pemungutan suara pemilihan perdana menteri Jepang yang baru. Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga jadi salah satu calon kuat pengganti Shinzo Abe yang baru mengundurkan diri dari posisi perdana menteri. (AFP Photo/Toru Yamanaka)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua anggota utama dari berkuasa di Jepang, Partai Demokrat Liberal (LDP) mendukung Sekretaris Kabinet  Yoshihide Suga dalam pemungutan suara pemilihan perdana menteri Jepang yang baru.

Dilaporkan oleh Japantimes salah satu anggota tersebut adalah Taro Aso yang saat ini tengah menjabat Menteri Keuangan sekaligus Wakil Perdana Menteri Jepang.

Suga sendiri telah memberi sinyal akan pencalonan dirinya sebagai PM Jepang dan diperkirakan akan mengumumkan pencalonannya dalam pemilihan kepemimpinan LDP, setelah partai tersebut secara resmi mengeluarkan keputusan tentang pemilihan pada Selasa 14 September.


Aso disebut tidak berniat untuk mengambil posisi PM, melainkan dia akan memberikan dukungan pada siapa pun yang dapat menerapkan kebijakan yang selaras dengan pemikirannya.

Selain Aso, anggota LDP yang memberi dukungan pada Suga ialah Jenderal Toshihiro Nikai dari kelas berat LDP dan faksi Sekretaris Jenderal Toshihiro Nikai saat ini, yang memiliki 47 anggota.

Suga memang telah mengatakan kepada Nikai tentang niatnya mencalonkan diri dalam pemilihan. Sementara Shinzo Abe telah melimpahkan kewenangannya kepada Nikai untuk mengambil keputusan terkait pemilihan pemimpin yang baru.

Sebagai catatan, LDP adalah partai yang tengah berkuasa saat ini di Jepang. Maka dari itu orang dari LDP berpeluang besar untuk menjabat posisi PM saat ini.

Dalam praktiknya, LDP selalu memilih ketua partainya untuk menjadi perdana menteri. Besar kemungkinan, orang yang terpilih kelak juga akan mengisi posisi Perdana Menteri Jepang menggantikan Abe.

Isu mengenai pengganti Abe terus berkembang seiring calon-calon penggantinya masih ada yang belum terdeteksi sebab belum memberi pernyataan resmi.

Survei lokal Kyodo News pada hari Minggu telah menunjukkan mantan kepala pertahanan Shigeru Ishiba sebagai pilihan paling populer untuk menjadi PM berikutnya. Selain dia, ada juga nama seperti Fumio Kishida, mantan Menteri Luar Negeri.

(ndn/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK