KILAS INTERNASIONAL

China Pamer Vaksin Covid hingga Kapal Pendukung Trump Karam

AFP TV, CNN Indonesia | Selasa, 08/09/2020 06:26 WIB
Sejumlah peristiwa terjadi pada Senin (7/9) mulai dari China pamer vaksin corona hingga lima kapal pendukung Trump tenggelam saat arak-arakan. China pamer vaksin corona untuk pertama kalinya. (Foto: iStockphoto/herraez)
Jakarta, CNN Indonesia --

Serangkaian peristiwa terjadi pada Senin (7/9) yang dirangkum dalam kilas internasional. Mulai dari China yang memamerkan vaksin corona untuk pertama kalinya hingga lima kapal pendukung Trump tenggelam saat arak-arakan.

China Pamerkan Vaksin Corona untuk Pertama Kali

China memamerkan vaksin corona buatan mereka sendiri untuk pertama kali. Vaksin yang diproduksi Sinovac Biotech dan Sinopharm itu dipajang dalam botol-botol kecil di sebuah pameran di Beijing.

Produsen berharap berharap vaksin tersebut disetujui pemerintah untuk kemudian dilempar ke pasar setelah uji coba tahap 3.


Seperti dikutip dari AFP, Senin (7/9), perwakilan Sinovac mengatakan bahwa perusahaannya telah menyelesaikan pembangunan pabrik vaksin yang mampu memproduksi 300 juta dosis dalam setahun.

Sementara itu, Sinopharm berkata pihaknya berharap antibodi yang dihasilkan vaksin tersebut dapat bertahan antara satu hingga tiga tahun-meskipun hasil akhirnya baru akan diketahui setelah uji coba.

Korut Bersiap Luncurkan Rudal Balistik dari Kapal Selam

Pusat Studi Strategis dan International (CSIS) Amerika Serikat melaporkan merekam kegiatan di Korea Utara yang diduga sebagai persiapan uji peluncuran rudal balistik dari kapal selam (SLBM).

Seperti dilansir kantor berita Korea Selatan, Yonhap News Agency, Senin (7/9), CSIS menyatakan mereka melakukan analisis dari citra satelit terhadap dermaga Sinpo di Korut yang memperlihatkan bahwa ada sebuah kapal selam yang saat ini berada di tengah laut. Kapal selam itu sebelumnya sempat digunakan untuk uji rudal beberapa waktu lalu.

CSIS juga menyatakan dari citra satelit terlihat ada dua kapal selam kelas Romeo milik Korut yang berlabuh di Pulau Mayang, di lepas pantai Sinpo.

"Persiapan peluncuran rudal ini kemungkinan besar sejalan dengan perkiraan tentang 'Kejutan Oktober' yang sesuai dengan data sejarah yang memperlihatkan ada kecenderungan lonjakan provokasi menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat," demikian isi laporan tersebut.

Uji peluncuran rudal balistik dari kapal selam (SLBM) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan Korut yang bisa memicu kekhawatiran selain peluncuran rudal balistik dari darat.

5 Kapal Pendukung Trump Tenggelam saat Pawai di Texas

Pawai bahari pendukung calon petahana pemilihan presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di Texas, berubah menjadi panik setelah lima kapal yang digunakan tenggelam saat kegiatan berlangsung.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (7/9), insiden itu terjadi di Danau Travis, Texas.

Mulanya kegiatan itu berlangsung meriah karena para pendukung Trump arak-arakan di danau dengan menumpang kapal yang sudah dihias beragam bendera AS, negara bagian Texas, dan pesan dukungan politik.

Menurut informasi yang disampaikan perwakilan Kantor Sheriff Travis County, Kristen Dark, mereka menerima pesan permintaan tolong dari para rombongan itu.

Para deputi sherif akhirnya menanggapi 15 panggilan darurat dan menerima tiga laporan lain tentang kapal-kapal yang tenggelam. Tidak ada yang terluka atau tewas dalam kejadian itu.

(evn/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK