Kasus Virus Corona di India Tembus 5 Juta

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 13:45 WIB
Jumlah kasus virus corona di India menembus angka 5 juta pada Rabu (16/9). Kementerian Kesehatan menyebut ada tambahan kasus positif sebanyak 90.123. Ilustrasi pandemi virus corona India. (AP/Ajit Solanki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah kasus virus corona di India menembus angka 5 juta pada Rabu (16/9). Kementerian Kesehatan India menyebut ada tambahan kasus positif sebanyak 90.123.

Selain itu, Kemenkes melaporkan 1.290 kematian baru akibat virus corona dalam 24 jam terakhir, sehingga total korban meninggal menjadi 82.066 jiwa.

CNN mencatat negara berpenduduk 1,35 miliar itu juga telah mengidentifikasi 1 juta kasus hanya dalam 11 hari sejak melewati angka 4 juta pada 5 September 2020.


Para ahli percaya beberapa tindakan yang diambil oleh Pemerintah India pada masa-masa awal telah berkontribusi pada peningkatan kasus tersebut.

Menurut ahli virus terkemuka, T. Jacob John, penguncian nasional India yang diberlakukan pada akhir Maret tidak efektif menurunkan angka penularan.

Sementara Menteri Kesehatan India Harsh Vardhan menyatakan negaranya telah berhasil menghalangi penyebaran virus.

"India secara kolektif berdiri untuk mengelola Covid-19 dan berhasil menunjukkan perkembangan agresif," ucapnya.

Dia menganggap India telah berfokus pada peningkatan pengujian sebagai bagian dari strategi dan rata-rata 950 ribu tes dilakukan setiap hari.

Sementara itu, Dewan Riset Medis India mengungkapkan Lebih dari 59 juta tes telah dilakukan dari awal pandemi hingga Selasa (15/9).

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan bahwa India telah bekerja keras untuk menangani pandemi di negaranya. Para ilmuwan juga telah bekerja untuk menemukan vaksin.

"Ilmuwan kami terlibat siang dan malam dalam mengembangkan vaksin, tetapi sampai ada satu kami tidak bisa sembarangan," tuturnya. 

(ndn/dea)

[Gambas:Video CNN]