Menlu Retno Tekankan Dukungan Indonesia bagi Palestina

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 20:35 WIB
Menlu Retno Marsudi menekankan kembali posisi Indonesia yang akan terus memberikan dukungan bagi perjuangan Palestina. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menekankan kembali posisi Indonesia yang akan terus memberikan dukungan bagi perjuangan Palestina.

Hal itu disampaikan Retno kepada Menteri luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki, dalam pertemuan virtual pada Selasa (29/9).
 
Dalam pertemuan virtual tersebut, Riyad menyampaikan bahwa telah tercipta persatuan antara Hamas dan Fatah. Saat ini, kedua faksi perjuangan itu dilaporkan tengah melakukan pembicaraan yang akan mengarah pada pelaksanaan pemilihan umum Palestina.
 
"Saya menekankan mengenai posisi Indonesia yang akan terus memberikan dukungan bagi perjuangan Palestina," ujar Retno dalam press briefing Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (30/9).

"Saya sampaikan bahwa dukungan kepada Palestina juga disampaikan Presiden Republik Indonesia pada saat menyampaikan pidato nasional di pertemuan Sidang Umum PBB," lanjutnya.
 
Retno menambahkan selain memberikan dukungan politik kepada Palestina, Indonesia juga memberikan dukungan lain termasuk keuangan dan peningkatan kapasitas.
 
"Masa depan Palestina menjadi semakin tidak mudah dan penuh dengan tantangan. Tanpa dukungan dunia internasional yang kokoh, dikhawatirkan hak politik Palestina akan terabaikan," tandasnya.


Dalam pidato perdananya dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-75 pada Rabu (23/9), Presiden Joko Widodo memberikan dukungan untuk Palestina yang hingga saat ini belum menikmati kemerdekaan.

Jokowi mengatakan konflik, kemiskinan, dan kelaparan yang dirasakan di berbagai belahan dunia tidak sesuai dengan prinsip-prinsip Piagam PBB dan hukum internasional, termasuk penghormatan terhadap integritas wilayah.

"Indonesia akan terus memainkan peran sebagai bagian dari solusi. Spirit kerja sama akan selalu dikedepankan Indonesia, spirit yang menguntungkan semua pihak tanpa meninggalkan satu negara pun. No one, no country should be left behind," kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Umum PBB yang digelar secara virtual, Rabu pekan lalu di Istana Negara, Jakarta.

"Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya. Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya," ungkapnya.

(ans/evn)

[Gambas:Video CNN]