Debat Terakhir Pilpres AS Usung Enam Tema

CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 11:57 WIB
Debat terakhir Pilpres AS antara Donald Trump dan Joe Biden pada 22 Oktober mengusung enam tema. Capres petahana Amerika Serikat Donald Trump dan capres Joe Biden. (Jim WATSON and SAUL LOEB / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Debat Presiden Amerika Serikat telah mengumumkan topik debat terakhir. Melansir CNN, topiknya yakni "Memerangi Covid-19", "Keluarga Amerika", "Ras di Amerika", "Perubahan Iklim", "Keamanan Nasional", dan "Kepemimpinan".

Debat terakhir antara calon presiden petahana Donald Trump dan Joe Biden akan berlangsung pada 22 Oktober mulai pukul 9 sampai 10.30 malam waktu setempat. 

Debat akan berlangsung di Tennessee. Sementara format akan sama seperti debat perdana. 


Setiap segmen akan berdurasi sekitar 15 menit, kandidat memiliki waktu dua menit untuk menjawab moderator, Kristen Welker dari NBC. Moderator membuka setiap segmen dengan sebuah pertanyaan.

Welker kemudian akan menggunakan sisa waktu di segmen untuk memfasilitasi diskusi lebih lanjut tentang topik tersebut.

Dalam pengumuman pekan lalu, komisi tidak menjelaskan perubahan aturan lebih lanjut untuk kontes terakhir, mengingat batalnya debat kedua yang seharusnya berlangsung 15 Oktober lalu.


"Komisi Debat Presiden mensponsori debat yang disiarkan televisi untuk kepentingan para pemilih Amerika. Debat tadi malam memperjelas bahwa struktur tambahan harus ditambahkan ke format debat yang tersisa untuk memastikan diskusi yang lebih tertib tentang masalah tersebut," bunyi pernyataan komisi debat pada 30 September.

Komisi tidak merinci perubahan apa yang akan mereka buat, tetapi pernyataan mereka pada 30 September itu mengindikasikan bahwa akan ada alat tambahan jika diperlukan untuk menjaga ketertiban saat debat.

Debat kedua sebelumnya diumumkan untuk dihelat dengan format virtual. Hal itu dilakukan mengingat kondisi Trump yang belum jelas usai terinfeksi corona.

Namun Trump menolak format itu. Baik Biden atau Trump akhirnya menggelar acara debat pengganti di televisi. Biden di ABC, sementara Trump di NBC.

Biden telah menjelaskan bahwa dia ingin komisi debat mengubah aturan menjelang kontes ketiga, dan mengatakan cara Trump bersikap pada debat pertama menjadi "aib nasional."

"Saya hanya berharap ada cara di mana komisi debat dapat mengontrol kemampuan kami untuk menjawab pertanyaan tanpa interupsi," kata Biden tepat setelah gelaran debat pertama usai.

Namun Tim Kampanye Trump menentang setiap perubahan aturan. Direktur komunikasi kampanye Tim Murtaugh berkata setelah debat pertama bahwa komisi "seharusnya tidak menggerakkan 'tiang gawang' dan mengubah aturan di tengah permainan."

(ndn/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK