KILAS INTERNASIONAL

Pesawat Pengebom AS Terobos China hingga Jet F-16 Hilang

CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 06:35 WIB
Pesawat pengebom Amerika Serikat terobos zona pertahanan udara China hingga jet tempur F-16 Taiwan hilang, ramaikan berita internasional, Rabu (18/11). Pesawat pengebom Amerika Serikat. (AFP/MARWAN NAAMANI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Rabu (18/11). Mulai dari pesawat pengebom Amerika Serikat terobos zona pertahanan udara China hingga jet tempur F-16 Taiwan hilang.

1. Pesawat Pengebom AS Terobos Zona Pertahanan Udara China

Dua pesawat pengebom jarak jauh Amerika Serikat dilaporkan masuk ke wilayah zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) China pada Selasa (17/11).


Menurut rada pelacak penerbangan Aircraft Spots, dua pesawat pengebom Lancer B-1B AS meninggalkan Pangkalan Udara Andersen di Guam pada Selasa pagi dan memasuki wilayah ADIZ China di Laut China Timur.

Aircraft Spots mengatakan dua pesawat militer itu terbang sangat dekat dengan sudut timur laut wilayah pertahanan udara China di Taiwan. Kedua pesawat itu bisa memasuki zona ADIZ China jika melanjutkan perjalanan di lintasan yang sama.

2. 17 WNI Positif Covid-19 saat Tiba di Jepang

Sebanyak 17 warga negara Indonesia (WNI) yang tiba di Jepang dinyatakan positif virus corona (Covid-19), setelah menjalani tes antigen.
Padahal, mereka sudah mengantongi sertifikat yang menyatakan negatif Covid-19 dari Indonesia.

Seperti dilansir NHK News, Rabu (18/11), 17 WNI itu tiba di Jepang pada 11 November lalu melalui Bandara Kansai.

Menurut laporan pusat karantina di Bandara Kansai, 17 WNI itu seluruhnya merupakan perempuan yang berusia sekitar 20-an tahun. Mereka tiba menggunakan penerbangan langsung dari Jakarta.

3. Jet Tempur F-16 Taiwan Hilang Saat Latihan Terbang

Jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Taiwan hilang di lepas pantai timur negara itu pada Selasa (17/11) malam. Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan operasi pencarian masih berlangsung.


F-16 menghilang dari layar radar pada 18.07 sekitar 17 kilometer di timur laut Pangkalan Udara Hualien, dua menit setelah lepas landas dari pangkalan. Jet tempur itu terbang dalam rangka latihan di malam hari.
 
Dilansir Taipei Times, Rabu (18/11), F-16 nomor seri 6672 itu dikemudikan oleh Kolonel Chiang Cheng-chih.
 

Pusat Komando Penyelamatan Nasional dalam pernyataannya mengatakan helikopter Black Hawk dan kapal Penjaga Pantai telah dikirim ke daerah itu untuk melakukan pencarian.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK