Hitung Ulang Pilpres AS di Georgia, Trump Tetap Kalah

CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 08:24 WIB
Negara bagian Georgia mengumumkan hasil penghitungan ulang Pilpres AS 2020, hasilnya Joe Biden tetap menang. Joe Biden dan Donald Trump. (JIM WATSON and MANDEL NGAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Negara bagian Georgia mengumumkan hasil penghitungan ulang Pilpres AS 2020, hasilnya Joe Biden tetap menang.

Georgia telah menyelesaikan penghitungan ulang manual dari semua surat suara, dan hasilnya mengkonfirmasi kemenangan Joe Biden.

"Audit itu mengkonfirmasi bahwa hitungan mesin asli secara akurat menggambarkan pemenang pemilihan," kata pernyataan yang diposting di situs web Sekretaris Negara Georgia Brad Raffensperger, Kamis (18/11) waktu setempat dikutip dari AFP.


Konfirmasi tersebut menjadikan Biden kandidat presiden Demokrat pertama yang memenangkan negara bagian AS selatan dalam hampir tiga dekade.

Dilansir dari CNN, Kantor Sekretaris Negara menyatakan Biden mengalahkan Trump dengan 12.284 suara. Keunggulan Biden sedikit menurun dibanding hasil sebelumnya.

Para pejabat telah berulang kali mengatakan bahwa audit tersebut memastikan tidak ada kecurangan atau penyimpangan.

Georgia merupakan salah satu negara bagian yang dipermasalahkan oleh petahana Donald Trump.

Trump telah mengklaim tanpa dasar bahwa penghitungan lima juta surat suara dimanipulasi dan negara akan "menyerahkan" kepadanya jika pihak berwenang melakukan proses yang lebih adil.

Tetapi pejabat Georgia membela integritas audit tersebut dan mengatakan tidak ada bukti bahwa penghitungan ulang akan mengubah hasil.

Biden mengukuhkan kemenangannya atas Trump setelah berhasil meraih suara terbanyak di Georgia pekan lalu.

Mantan wapres AS itu memastikan langkahnya menuju Gedung Putih dengan mengumpulkan 306 suara elektoral, jauh meninggalkan Trump yang hanya 232.

Tim hukum Trump telah meluncurkan belasan gugatan hukum, namun beberapa di antaranya telah ditolak.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK