Kapal Perusak Rusia Usir dan Ancam Tabrak Kapal Perang AS

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 10:11 WIB
Kapal perusak Rusia mengusir dan mengancam menabrak kapal perang Angkatan Laut AS karena menerobos wilayah Moskow di perairan Pasifik. Ilustrasi kapal perang Amerika Serikat. (AFP/MC2 NATHAN LAIRD)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapal perusak Rusia mengusir dan mengancam menabrak kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat menerobos wilayah Moskow di perairan Pasifik, Selasa (24/11).

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan USS John S. McCain, kapal perusak berpeluru kendali, menerobos teritorial Rusia dengan bergerak dua kilometer di luar perbatasan maritim ke Teluk Peter.

Menurut Rusia, kapal AS telah beroperasi secara ilegal di Laut Jepang dan langsung terlacak oleh Angkatan Laut Moskow.


"The Admiral Vinogradov, kapal perusak anti-kapal selam di Armada Pasifik Rusia, mengirim peringatan ke kapal AS dan mengancam menggunakan manuver serudukan untuk mengusir penyusup keluar dari perairan teritorialnya," kata pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip dari AFP.

Setelah diberi peringatan, kapal AS langsung kembali ke perairan netral, namun tetap dipantau.

Sementara itu Armada Pasifik AS menyatakan bahwa mereka tidak melakukan kesalahan. Armada Pasifik AS menyebut USS John S. McCain berlayar secara sah di sekitar Teluk Peter.

"USS John S. McCain telah menegaskan hak navigasi di wilayah itu dengan menentang klaim maritim Rusia yang berlebihan".

Wilayah itu telah menjadi sengketa sejak 1984, ketika Uni Soviet mendeklarasikan sebagai bagian dari perairannya, klaim yang hingga kini dipertahankan Rusia.

Insiden seperti itu jarang terjadi dan merupakan tanda berlanjutnya ketegangan pasca-Perang Dingin antara Rusia dan Amerika Serikat.

Tahun lalu kedua negara saling tuduh melakukan manuver berbahaya setelah The Admiral Vinogradov nyaris bertabrakan dengan USS Chancellorsville di Laut China Timur.

(dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK