Jaksa Jepang Akan Interogasi Eks PM Abe soal Skandal Anggaran

CNN Indonesia | Jumat, 04/12/2020 07:45 WIB
Kantor Kejaksaan Kota Tokyo tengah berencana menginterogasi mantan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe, atas skandal anggaran negara. Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kantor Kejaksaan Kota Tokyo tengah berencana menginterogasi mantan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe, atas skandal anggaran negara yang diduga disalahgunakan untuk menggelar acara politik dengan para pendukung.

Di bawah konstitusi Jepang, penggunaan uang negara untuk acara politik harus dilaporkan.

Namun, jaksa penuntut menduga pihak Abe tidak melakukan pelaporan setelah menggunakan anggaran negara untuk serangkaian acara makan malam kelompok politik sang PM.


Lembaga penyiaran publik NHK melaporkan kelompok tersebut membayar lebih dari 8 juta yen (US$76 ribu) untuk acara tersebut selama lima tahun hingga 2019.

Kantor Kejaksaan Tokyo menolak mengomentari laporan tersebut. Namun, mereka disebut telah memeriksa sekretaris Abe yang diduga lalai dalam melaporkan penggunaan anggaran tersebut.

Dilansir AFP, NHK dan media lokal Jiji Press melaporkan jaksa penuntut ingin menanyakan Abe perihal pengetahuannya soal penggunaan anggaran tersebut.

Pemerintahan Abe dituduh mengundang para pendukung Abe hingga seorang anggota mafia Yakuza ke acara makan malam tersebut.

Sejauh ini, Abe belum menanggapi permintaan jaksa. Namun, ia telah membantah melakukan kekeliruan tersebut dengan mengatakan para tamu, termasuk pemilih di daerah konstituennya, hadir dengan biaya sendiri.

Abe mengundurkan diri pada September lalu dari jabatan PM karena masalah kesehatan setelah menjadi pemimpin terlama di Jepang.

(rds/dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK