Dokter Pribadi Paus Fransiskus Meninggal karena Infeksi Covid

CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 15:03 WIB
Dokter pribadi Paus Fransiskus, Fabrizio Soccorzi dikabarkan meninggal akibat terpapar virus corona dan komplikasi penyakit yang diidapnya. Dokter pribadi Paus Fransiskus meninggal setelah terinfeksi virus corona. (Foto: AP/Andrew Medichini)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dokter pribadi Paus Fransiskus, Fabrizio Soccorsi dikabarkan meninggal dunia akibat infeksi virus corona dan komplikasi penyakit yang diidapnya.

Surat kabar Vatikan L'Ozzervatore Romano mengumumkan pada Sabtu (9/1) jika Soccorsi meninggal dunia dalam usia 78 tahun.

Mengutip CNN, Soccorsi sempat mendapat perawatan di rumah sakit di Roma, Italia pada 26 Desember karena penyakit onkologis.


Paus Fransiskus memilih Soccorsi sebagai dokter pribadinya pada 2015 lalu. Tidak diketahui persis kapan Soccorsi melakukan kontak langsung dengan Paus.

Dalam sebuah wawancara dengan saluran media Italia Canale 5, Paus mengatakan jika Vatikan akan memulai program vaksinasi pekan depan. Ia akan menjadi salah satu orang pertama yang akan mendapat dosis pertama vaksin corona.

"Ada penyangkalan bunuh diri yang tidak bisa saya jelaskan, tapi untuk saat ini kami harus divaksinasi," kata Paus Fransiskus.

Dalam kesempatan tersebut, Paus mendesak orang-orang untuk mendapatkan vaksinasi demi menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Pada Desember lalu, Vatikan mengeluarkan pernyataan jika vaksinasi Covid-19 dapat diterima secara moral, setelah beberapa kelompok anti-aborsi menyerukan keprihatinan tentang proses produksi vaksin.

Beberapa kelompok anti-aborsi menyarankan agar vaksin corona dibuat menggunakan sel jaringan janin yang diaborsi dengan direkayasa dan dikembangkan lebih lanjut.

"Secara moral dapat diterima untuk dilakukan vaksin corona yang telah menggunakan jalur sel dari janin yang diaborsi melalui tahap proses penelitian dan produksi," kata Kongregasi untuk Doktrik Iman Vatikan dalam sebuah catatan yang disetujui oleh Paus.

Dalam pesan Natal yang disampaikan baru-baru ini, Paus menyisipkan pesan tentang ketersediaan vaksin corona untuk semua pihak dan memohon agar negara-negara bekerja sama bahu membahu mengakhiri pandemi Covid-19.

(CNN/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK