Antonio Guterres Siap Jabat Sekjen PBB Dua Periode

CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 01:16 WIB
Masa jabatan periode pertama Antonio Guterres berakhir pada 2022 mendatang. Sekjen PBB Antonio Guterres mengaku siap menjabat kembali di periode kedua hingga 2026(AFP PHOTO / KENA BETANCUR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekjen PBB Antonio Guterres mengumumkan bahwa dirinya siap untuk menjabat kembali di periode kedua atau untuk lima tahun ke depan. Masa jabatan periode pertamanya habis pada 2022.

Mengutip AFP, hal itu disampaikan Guterres lewat juru bicaranya, yakni Stephane Dujarric pada Senin (11/1).

"Dia siap untuk menjalani masa jabatan kedua sebagai sekjen PBB yang akan berlangsung pada 2022 hingga 2006," mengutip AFP.


Dujarric mengatakan Guterres juga telah menyampaikan itu kepada Presiden Majelis Umum dan Dewan keamanan PBB.

Salah satu diplomat juga mengatakan hal serupa. Dia menyebut Guterres sudah menyampaikan niatnya itu pada Dewan Keamanan pada Jumat lalu (8/1).

Diplomat itu mengatakan Guterres ingin menekankan aspek kemanusiaan dan alam dalam hubungan internasional antarnegara. Termasuk juga soal keamanan siber dan terorisme.

Guterres merupakan pria kelahiran Lisboa, Portugal, 30 April 1949. Kini, mantan perdana menteri Portugal itu berusia 71 tahun.

Karirnya di PBB dimulai saat menjabat sebagai Komisioner Tertinggi untuk Pengungsi ke-10. Masa jabatannya kala itu yakni 15 Juni 2005-31 Desember 2015.

Kemudian dia menjabat sebagai Sekjen PBB pada Januari 2017. Dia menggantikan Ban Ki-moon. Selama menjadi Sekjen PBB, Guterres didampingi wakilnya yaitu Amina Mohammed.

(AFP/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK