Populasi Jerman Turun untuk Pertama Kali dalam 10 Tahun

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 18:43 WIB
Populasi Jerman dilaporkan mengalami penurunan 0,05 persen untuk pertama kali dalam 10 tahun menjadi 83,1 juta jiwa. Populasi di Jerman mengalami penurunan untuk pertama kali dalam 10 tahun terakhir. (Foto: AP/Martin Meissner)
Jakarta, CNN Indonesia --

Populasi Jerman turun 0,05 persen untuk pertama kali sejak 2010 menjadi 83,1 juta jiwa. Data yang dirilis Kantor Statistik Federal (Destatis) pada Selasa (12/1) menunjukkan sejak 2011 populasi Jerman terus meningkat.

Jerman mengalami kenaikan populasi tertinggi pada paruh kedua 2015 setelah terjadi krisis pengungsi Eropa. Destatis mencatat saat itu ada penambahan 0,9 persen atau sekitar 717 ribu orang karena tingginya imigrasi di sana.

"Penurunan ini [populasi] terlihat dalam konteks berkurangnya imigrasi pada paruh pertama 2020 akibat pandemi virus corona," tulis Destatis dalam studinya.


Penurunan populasi di Jerman bukan hanya dipengaruhi oleh berkurangnya imigran yang memasuki negara tersebut. Angka kematian akibat Covid-19 yang terus bertambah turut memengaruhi hal itu.

Hingga saat ini di awal 2021 Jerman telah melaporkan angka kematian yang lebih tinggi dibandingkan jumlah kelahiran. Tercatat 112 ribu kematian lebih tinggi dari tingkat kelahiran.

Memasuki awal 2021, pada Januari dan Februari diperkirakan jumlah orang yang keluar-masuk jerman masih belum mengalami peningkatan, bahkan cenderung menurun tajam.

Lockdown yang diperpanjang oleh pemerintah Jerman membuat imigran kesulitan keluar-masuk. Tren terebut diperkirakan akan berlanjut pada Maret dan seterusnya di 2021.

Menurunnya angka imigran juga tidak bisa 'menambal' rendahnya angka kelahiran di Jerman. Hal ini yang turut memengaruhi penurunan populasi.

Sekitar 10 dari 16 negara bagian federal Jerman memperkirakan adanya penurunan populasi dalam waktu enam bulan pertama di 2021.

Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yakni hanya enam negara bagian yang mencatat penurunan populasi.

Dalam jangka panjang, Destatis memperkirakan populasi Jerman akan menyusut sekitar 5 juta orang menjadi 78,2 juta jiwa.

Data yang dirilis Bank Dunia pada Juli 2002, Jerman berada di peringkat ke-18 dunia pada tahun 2019 sebagai populasi tertinggi di dunia setelah China, India, Amerika Serikat, Indonesia, Pakistan, Brasil, Nigeria, Bangladesh, Rusia, Meksiko, Jepang, Ethiopia, Filipina, Mesir, Vietnam, Kongo, dan Turki.

(evn/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK