Pangeran Philip Dilarikan ke Rumah Sakit

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 07:54 WIB
Pangeran Philip dari Kerajaan Inggris dikabarkan masuk rumah sakit setelah merasa tidak enak badan pada Selasa (16/2). Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth. (Fiona HANSON / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pangeran Philip dari Kerajaan Inggris dikabarkan masuk rumah sakit setelah merasa tidak enak badan pada Selasa (16/2).

Sumber kerajaan menuturkan suami dari Ratu Elizabeth itu terlihat masih bisa berjalan sendiri saat memasuki Rumah Sakit King Edward VII di London.

Sumber menuturkan penyakit Philip tidak terkait dengan virus corona (Covid-19).


"Pengakuan Duke of Edinburgh (gelar kerajaan Philip) beliau ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan atas saran dokter Yang Mulia setelah merasa tidak enak badan," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan.

"Duke diperkirakan akan tetap di rumah sakit selama beberapa hari untuk observasi dan istirahat."

Pemerintah Inggris juga telah menyatakan ucapan lekas sembuh kepada Philip.

"Sangat menyesal mendengar Yang Mulia Duke of Edinburgh berada di rumah sakit. Kami berharap agar beliau cepat sembuh," kata Menteri Kesehatan Matt Hancock seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, sang istri, Ratu Elizabeth tetap berada di Kastil Windsor dekat London, tempat pasangan tersebut tinggal selama pandemi corona.

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19 pada Januari lalu.

Philip merupakan mantan perwira angkatan laut yang terkenal karena tingkah lakunya yang humoris dan terkadang cenderung kasar.

Philip menikahi Elizabeth pada 1947, lima tahun sebelum sang istri menjadi ratu. Elizabeth menjadi Ratu Inggris terlama dalam sejarah.

Setelah pensiun dari tugas kerajaan pada 2017 lalu, Philip jarang terlihat di depan umum. Ia telah beberapa kali dirawat di rumah sakit dalam 10 tahun terakhir.

Pada 2017, Philip sempat menjalani operasi pinggul. Tahun ini, tepatnya bulan Juni Philip akan berusia 100 tahun.

(rds/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK