Jerman dan Belgia Bongkar Penyelundupan 23 Ton Kokain

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 20:00 WIB
Jerman dan Belgia menyita lebih dari 23 ton narkoba kokain dalam operasi gabungan pemberantasan narkoba. Ilustrasi narkoba. (iStockphoto/Natalia Shabasheva)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aparat Jerman dan Belgia menyita lebih dari 23 ton narkoba kokain senilai miliaran dolar dalam operasi gabungan pemberantasan narkoba Rabu (24/2).

Operasi itu berlangsung lebih dari sepekan yang berakhir dengan penangkapan seorang pria berusia 28 tahun dari Vlaardingen, Belanda.

Kepala Investigasi Bea Cukai Jerman, Rene Matschke, mengatakan berdasarkan informasi dari rekan-rekannya di Belanda, petugas bea cukai di pelabuhan kota Hamburg membongkar tiga kontainer yang menurut dokumen memuat dempul konstruksi.


Di fasilitas pengujian kontainer, pejabat bea cukai menemukan ada kaleng yang berisi paket kokain.

"Sangat menjijikkan untuk memisahkan kokain dari dempul karena sangat lengket," kata Matschke kepada CNN.

Matschke memperkirakan kokain itu bernilai miliaran Euro.

Penyelidik menemukan sebanyak 16.174 kilogram kokain, yang disembunyikan di 1.728 kaleng dempul konstruksi. Kontainer itu dibawa oleh kapal kargo dari Paraguay, melalui Tangier dan Rotterdam, kata salah satu polisi.

Polisi Belanda mengatakan "analisis risiko" yang mereka lakukan membuat pihak berwenang Jerman memeriksa tiga kontainer pada 12 Februari.

Setelah penyitaan itu, sebut pihak berwenang Belanda, mereka memulai penyelidikan terhadap penerima paket kiriman dari Hamburg, yang membawa mereka ke 11 kontainer dalam perjalanan dari Panama ke Antwerpe, yang konon diisi dengan nanas, makarel, cumi-cumi, dan kayu.

Masih menurut polisi Belanda, pada Sabtu, aparat Belgia menemukan 7.2 ton (15.873 pon) kokain dalam wadah yang membawa balok kayu.

"Pengiriman besar yang dicegat ke Belanda bersama-sama membentuk rekor absolut," kata polisi Belanda dalam sebuah pernyataan.

"Belum pernah ada begitu banyak kokain yang dicegat sekaligus," tambahnya.

Para pejabat mengatakan itu bukan hanya penyitaan kokain terbesar yang pernah ada di Eropa, tetapi salah satu penyitaan tunggal terbesar di dunia.

Sekretaris Negara di Kementerian Keuangan Federal Jerman, Rolf Bosinger, memuji keberhasilan petugas bea cukai dalam menggagalkan pengiriman kokain.

"Kami telah berhasil menyita kokain dalam jumlah besar. Dengan pukulan ini (kami) melawan kejahatan narkotika yang terorganisir - juga berkat kerja sama dengan otoritas mitra Eropa - Bea Cukai Jerman sekali lagi secara mengesankan menunjukkan perannya. Strategi kami untuk terus memperkuat bea cukai secara besar-besaran berhasil," kata Bosinger.

Petugas bea cukai Hamburg menangani sekitar delapan juta kontainer dalam setahun.

(isa/ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK