KILAS INTERNASIONAL

Pesawat Jatuh di Sudan sampai Calon Jemaah Haji Wajib Vaksin

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 06:39 WIB
Sejumlah peristiwa terjadi pada Rabu (3/3), mulai dari pesawat jatuh di Sudan hingga menewaskan seluruh penumpang sampai calon jemaah haji wajib divaksin Covid. Ilustrasi. Pesawat di Sudan jatuh hingga menewaskan seluruh penumpang. (Foto: Istockphoto/Kesu01)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi pada Rabu (3/3) yang dirangkum dalam kilas internasional. Mulai dari pesawat jatuh di Sudan yang menewaskan seluruh penumpang hingga Saudi wajibkan calon jemaah haji divaksin Covid-19.

1. Pesawat Jatuh di Sudan, Semua Penumpang Tewas

Pesawat maskapai South Supreme Airlines dengan nomor penerbangan HK 4274 jatuh di Sudan Selatan hingga dilaporkan menewaskan seluruh penumpang, Selasa (2/3) sore waktu setempat.

Pesawat komersial itu jatuh setelah lepas landas dari bandara di Pieri, negara bagian Jonglei dalam penerbangan menuju Juba.


Gubernur Jonglei Denay Jock Chagor mengatakan korban terdiri dari delapan penumpang dan dua pilot. "Sepuluh orang termasuk dua pilot tewas," kata dia dikutip dariAFP.

Sementara itu Direktur South Supreme Airlines Ayii Duang Ayii mengatakan tidak jelas ada berapa orang yang berada di dalam penerbangan itu.

"Tapi informasi pertama yang dikomunikasikan kepada kami adalah ada 11 orang di dalamnya," kata Ayii, Rabu (3/3).

2. Insinyur Saudi yang Pugar Sumur Zamzam Meninggal

Insinyur Arab Saudi yang memugar sumur zamzam, Yahya Hamza Koshak, meninggal dunia pada Rabu (3/3) di usia 80 tahun.

Yahya terkenal berkat jasanya memugar sumur zamzam sehingga dijuluki sebagai bapak insinyur Saudi.

Yahya mendapat gelar insinyur setelah menempuh pendidikan teknik di Universitas Ain Shams di Kairo, dan merampungkan studinya di Riyadh. Dia kemudian mengantongi gelar Ph.D di bidang teknik setelah melanjutkan studi ke Amerika Serikat.

Sebagai sosok yang memugar sumur zamzam, Yahya akan menerima kedatangan Raja Salman setiap tahunnya pada 10 hari terakhir di bulan suci Ramadan.

Selama hidupnya, Yahya sempat memegang sejumlah posisi penting di pemerintahan Saudi, termasuk Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum di kota Makkah.

3. Arab Saudi Syaratkan Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin Corona

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mewajibkan para calon jemaah haji divaksin Covid-19 sebelum berangkat menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

"Jemaah calon haji diharuskan divaksin Covid-19 dan hal ini adalah persyaratan utama (untuk mengantongi visa)," demikian isi pernyataan Kementerian Kesehatan Arab Saudi di surat kabar Okaz, seperti dikutipReuters, Rabu (3/3).

Pemerintah Saudi sebelumnya sempat menghentikan penerbitan visa bagi sejumlah calon jemaah umrah di beberapa negara karena persentase penyebaran infeksi Covid-19 cukup tinggi.

Pada tahun lalu, Arab Saudi mengizinkan pelaksanaan ibadah haji dengan membatasi jumlah jemaah hanya sekitar seribu orang. Mereka yang bisa berhaji tahun lalu dipilih oleh pemerintah Saudi.

(evn/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK