Seorang Pelajar AS Tewas Usai Baku Tembak dengan Polisi

CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 11:46 WIB
Seorang pelajar tewas dan satu polisi terluka dalam baku tembak di sebuah sekolah menengah di Knoxville, Tennessee, AS. Ilustrasi penembakan. (Istockphoto/thawornnurak)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang pelajar tewas dan seorang polisi terluka dalam penembakan di sebuah sekolah menengah di Knoxville, Tennessee, Amerika Serikat, pada Senin (12/4) waktu setempat.

Direktur Biro Investigasi Tennessee (TBI), David Rausch, menyatakan petugas kepolisian menanggapi laporan adanya seseorang yang memiliki senjata di Austin-East Magnet High School pukul 15.15 waktu setempat, seperti dilansir CNN.

Petugas kemudian menemukan tersangka di toilet sekolah dan menyuruhnya keluar. Namun, tersangka menolak dan malah melepaskan tembakan.


Polisi yang berada di lokasi kejadian membalas tembakan itu.

Rusch mengatakan pria bersenjata yang diidentifikasi sebagai siswa di sekolah itu tewas di tempat kejadian. Saat ini, pihak berwenang tidak mengungkap nama pelajar itu.

Berdasarkan keterangan dari polisi, seorang petugas polisi Knoxville dipukul setidaknya satu kali dan dibawa ke UT Medical Center.

Awalnya, mereka mengatakan polisi itu tak mengalami luka yang mengancam nyawa.

Dalam jumpa pers, Kepala Kepolisian Knoxville, Eve Thomas, mengatakan polisi yang terluka tengah dioperasi dan dalam kondisi yang gawat.

"Ini bukan penembakan di sekolah, ini penembakan yang melibatkan petugas di dalam sekolah, jauh berbeda. Pada titik ini, siswa belum melakukan apa pun dengan senjata api sampai petugas terlibat. Penting untuk membuat perbedaan itu," kata Rausch.

Rausch menyatakan tidak ada penangkapan yang diketahui hingga saat konferensi pers berlangsung.

"Jika ada yang ditahan, kemungkinan besar itu adalah informasi saksi," ujarnya.

Sementara itu, menurut Sekolah Menengah Atas Austin-East Magnet yang menjadi tempat kejadian perkara akan ditutup selama dua hari ke depan.

Pengawas Sekolah Knox County, Bob Thomas, mengatakan akan mengirim pembimbing ke sekolah itu. Dia menyampaikan sementara tidak ada kegiatan belajar mengajar di kelas hingga Rabu besok.

"Kami semua hancur oleh tragedi ini," kata Thomas dalam konferensi pers.

Menurut Kementerian Pendidikan AS, SMU Austin-East Magnet merupakan sekolah yang mendapat subsidi dari pemerintah federal.

"Sekolah dengan jumlah anak yang tinggi atau persentase tinggi dari keluarga berpenghasilan rendah," demikian isi pernyataan Kementerian Pendidikan AS.

Sementara dari situs webnya, sekolah itu mempunyai fokus di bidang seni pertunjukkan termasuk seni visual, program pendidikan dan pelatihan karir (CTE) dan kursus akademis.

Para pejabat prihatin akan insiden itu dan turut berbelasungkawa kepada petugas yang terluka dan keluarga korban yang ditinggalkan.

Sheriff Knox County, Tom Spangler, mengatakan dalam cuitannya di Twitter bahwa dia berharap petugas yang terluka itu segera pulih.

"Selain itu, kami berdoa untuk seluruh masyarakat Austin East malam ini," tulisnya.

Walikota Knoxville, Indya Kincannon, mengatakan kepada media afiliasi CNN bahwa dia berterima kasih pada petugas polisi itu karena mempertaruhkan nyawanya untuk siswa dan staf di sekolah.

"Dia mengatakan bahwa dia lebih suka disakiti daripada orang lain," katanya.

Senator Marsha Blackburn juga menyampaikan belasungkawa atas kejadian itu.

"Sedih mendengar tentang penembakan itu. Kantor saya telah di briefing mengenai situasi tersebut dan saya berdoa untuk masyarakat, termasuk petugas yang terluka saat menjalankan pekerjaannya," cuitnya.

(isa/ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK