KILAS INTERNASIONAL

Puluhan Anggota AU Myanmar Membelot hingga Bentrok Palestina

CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 06:47 WIB
Puluhan anggota AU Myanmar membelot ke kelompok anti-junta hingga bentrok aparat Israel dan warga Palestina, ramaikan berita internasional, Minggu (9/5). Ilustrasi personel militer Myanmar. (REUTERS/STRINGER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Minggu (9/5). Mulai dari puluhan anggota AU Myanmar membelot ke kelompok anti-junta hingga bentrok aparat Israel dan warga Palestina.

1. Puluhan Anggota AU Myanmar Membelot ke Kelompok Anti-Junta

Sebanyak 80 anggota korps Angkatan Udara Myanmar dilaporkan kabur dari kesatuan (desersi) dan bergabung dengan kelompok anti-junta militer.


Dilansir Myanmar Now, menurut salah satu anggota AU yang membelot, Aung Zay Ya, mantan kesatuannya sudah menerbitkan nama-nama anggota korps yang desersi.

"Mereka mencetak nama dan foto seluruh anggota yang membelot dan dipajang di markas," kata Aung.

Aung yang terakhir menyandang pangkat sersan dan sempat bertugas di Komando Wilayah Yangon saat ini memilih bersembunyi. Dia beralasan membelot karena tidak setuju dengan sikap militer yang terlibat politik.

2. Arab Saudi Akan Gelar Ibadah Haji 202

Arab Saudi memutuskan akan menyelenggarakan ibadah haji pada 2021.

Dilansir dari Reuters, pemerintah Arah Saudi akan menerapkan syarat khusus untuk berjaga-jaga dari pandemi Covid-19.

Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan hal ini melalui TV pemerintah Arah Saudi. Kementerian menyampaikan akan menggelar ibadah haji dengan kondisi khusus.

Namun, mekanisme dan ketentuan penyelenggaraan haji tahun ini akan diumumkan nanti.

3. Hari Kedua Bentrok Aparat Israel dan Warga Palestina, 64 Luka

Warga Palestina di Yerusalem kembali terlibat bentrokan dengan aparat keamanan Israel yang menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa pada Sabtu (9/5).

Bentrokan yang terjadi pada Sabtu malam hari waktu setempat adalah lanjutan dari peristiwa pada Jumat lalu. Hal itu membuat situasi antara warga Arab Palestina dan aparat keamanan Israel di wilayah itu semakin tegang.

Dilansir Associated Press, Minggu (9/5), bentrokan pada kemarin malam terjadi setelah aparat keamanan Israel menutup jalan menuju masjid Al-Aqsa.

Hal itu menyebabkan warga Palestina tidak bisa melakukan iktikaf di Masjid Al-Aqsa pada sepuluh malam terakhir Ramadan.

Warga Arab Muslim Palestina menyatakan aparat Israel menghalangi hak mereka untuk beribadah. Sedangkan Kepolisian Israel menyatakan aksi mereka dilakukan untuk menjaga keamanan.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK