Puluhan Jasad Diduga Pasien Covid India Ditemukan di Sungai

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 05:50 WIB
Puluhan jasad yang diduga merupakan pasien Covid-19 ditemukan di Sungai Gangga, India, pada Senin (10/5). Ilustrasi. (Reuters/Amit Dave)
Jakarta, CNN Indonesia --

Puluhan jasad yang diduga merupakan pasien Covid-19 ditemukan di Sungai Gangga, India, pada Senin (10/5).

Seorang pejabat setempat, Ashok Kumar, mengatakan bahwa sekitar 40 jasad itu ditemukan di daerah Buxar, tepatnya di perbatasan antara Bihar dan Uttar Pradesh.

"Kami memerintahkan petugas untuk mengambil semua jasad itu, kemudian menguburkan atau kremasi semuanya," ujar Kumar kepada AFP.


Kumar tak menjabarkan jumlah pasti jenazah yang ditemukan di Sungai Gangga itu. Namun, sejumlah media lokal melaporkan bahwa jasad di sungai itu bisa mencapai 100.

Menurut pernyataan beberapa pejabat yang dikutip media setempat, sejumlah jasad di sungai itu membengkak dan diperkirakan sudah berada di perairan itu selama beberapa hari.

"Sangat mengagetkan bagi kami," ucap seorang warga lokal, Kameshwar Pandey, kepada AFP.

Penduduk setempat meyakini bahwa jasad-jasad itu sengaja dibuang ke sungai karena tempat-tempat kremasi sudah sangat kewalahan karena peningkatan jumlah kematian akibat Covid-19 di India.

Berdasarkan data pemerintah, lebih dari 4.000 orang meninggal akibat Covid-19 dalam dua hari belakangan.

Namun, sejumlah ahli meyakini jumlah kematian akibat Covid-19 di India sebenarnya lebih tinggi dari catatan pemerintah jika melihat betapa kelimpungan krematorium belakangan ini.

[Gambas:Video CNN]

Hingga kini, India memang masih dilanda gelombang dua pandemi Covid-19. Rumah sakit masih kewalahan melayani pasien Covid-19 yang terus berdatangan, sementara pasokan oksigen juga masih kurang.

Secara keseluruhan, India sudah melaporkan 22,7 juta kasus Covid-19 dengan 246 ribu orang meninggal dunia.

(has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK