AS Desak Hamas Segera Hentikan Serangan Roket ke Israel

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 08:04 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyerukan penghentian serangan roket yang dilakukan kelompok Hamas di Jalur Gaza terhadap Israel. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken. (Getty Images via AFP/Bryan Bedder)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menyerukan penghentian serangan roket yang dilakukan kelompok Hamas di Jalur Gaza terhadap Israel.

Blinken juga mengungkapkan keprihatinan mendalam atas bentrokan antara demonstran warga Palestina dan aparat Israel di Yerusalem dalam beberapa waktu terakhir. Ia mendesak seluruh pihak menahan diri dari tindakan yang bisa memperburuk situasi.

"Kami sangat fokus pada situasi di Israel, Tepi Barat, Gaza, sangat prihatin tentang serangan roket yang kita lihat sekarang, bahwa itu perlu dihentikan, ini (serangan roket) harus segera dihentikan," kata Blinken sebelum melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Yordania, Ayman Safadi, pada Senin (10/4) dikutip dari Reuters.


Blinken juga mengungkapkan keprihatinan tentang kekerasan dan "tindakan provokatif" yang terjadi antara aparat Israel dan pedemo Palestina di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa dan Tembok Ratapan dalam beberapa waktu terakhir.

Sementara itu, setelah melakukan pertemuan dengan Blinken, Safadi mengatakan Yordania meminta Amerika bisa membantu meredakan situasi di Yerusalem.

Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem untuk kesekian kalinya kembali menjadi saksi bisu bentrokan antara warga Palestina dan aparat keamanan Israel.
Kawasan itu terus memanas sejak pekan lalu setelah aparat keamanan Israel menutup akses ke Masjid Al-Aqsa.

Hal itu menyulut amarah warga Muslim Palestina yang hendak melaksanakan tarawih dan iktikaf di sepuluh malam terakhir Ramadan.

Selain itu, bentrokan juga dipicu keputusan Israel untuk menggusur wilayah pemukiman Muslim Palestina di Sheikh Jarrah, timur Yerusalem. Kini Israel memutuskan menunda rencana penggusuran.

Berdasarkan data Palang Merah Palestina, setidaknya 305 warga Palestina terluka, 228 di antaranya dilarikan ke rumah sakit. Sementara itu, 21 personel kepolisian juga terluka.

Pada Senin petang, Israel dilaporkan meluncurkan serangan udara ke Jalur Gaza. fraksi Palestina yang menguasai Jalur Gaza, Hamas, mengklaim bahwa setidaknya 20 orang tewas akibat serangan udara itu.

Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza menyatakan bahwa dari 20 orang yang tewas, 9 di antaranya merupakan anak-anak.

Hamas juga menyatakan bahwa salah satu komandan mereka tewas dalam serangan udara Israel tersebut.

(rds/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK