Vaksinasi Jalan, Norwegia Bakal Longgarkan Pembatasan Sosial

CNN Indonesia | Sabtu, 19/06/2021 00:35 WIB
Norwegia siap melonggarkan pembatasan sosial seiring kemajuan vaksinasi untuk melawan covid-19. Norwegia siap melonggarkan pembatasan sosial seiring kemajuan vaksinasi untuk melawan covid-19. Ilustrasi. (AFP/PETTER BERNTSEN).
Jakarta, CNN Indonesia --

Norwegia bakal mencabut sejumlah pembatasan untuk memerangi covid-19 dalam beberapa hari mendatang. Pelonggaran meliputi pembukaan perjalanan, olahraga, dan pesta.

"Kami menuju ke sana (pelonggaran). Saatnya untuk melangkah ke fase berikutnya," kata Perdana Menteri Erna Solberg seperti dikutip dari AFP, Jumat (18/6).

Seiring kemajuan vaksinasi, Solberg mengumumkan langkah ketiga dari empat fase rencana pembukaan kembali.


Mulai Minggu (20/6), alkohol akan dijual lagi di bar setelah tengah malam. Lalu, acara olahraga dapat ditonton secara langsung hingga 5.000 orang.

Pesta dan pernikahan juga akan diizinkan untuk dihadiri hingga 100 orang.

Jumlah tamu yang dapat menghadiri pesta rumah akan digandakan menjadi 20 orang tanpa memperhitungkan vaksinasi terhadap virus corona.

Selanjutnya, orang dewasa tidak lagi akan diminta untuk menjaga jarak aman satu sama lain saat mereka berolahraga dan saran untuk tidak bepergian di negara Nordik akan dicabut.

Perjalanan ke luar negeri juga akan lebih mudah meski pembatasan tertentu akan tetap berlaku terhadap pandemi.

Kementerian Luar Negeri Norwegia juga akan mencabut rekomendasi untuk tidak mengunjungi wilayah Eropa kecuali sangat penting.

Tak hanya itu, aturan karantina juga bakal dilonggarkan mulai 21 Juni. Dalam hal ini, pelancong dari dalam Eropa tidak lagi harus menghabiskan waktu di hotel tertentu.

Sebagai informasi, Norwegia adalah anggota zona perjalanan Schengen bebas perbatasan Eropa yang menerima kritik karena sangat membatasi pergerakan.

Berdasarkan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa, Norwegia memiliki rasio kasus covid yang terbilang rendah di mana hanya 61 kasus virus corona untuk setiap 100 ribu orang.

(afp/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK