Jill Biden Pimpin Delegasi AS ke Olimpiade Tokyo

CNN Indonesia | Jumat, 23/07/2021 16:05 WIB
Ibu Negara AS, Jill Biden memimpin delegasi Negeri Paman Sam ke Olimpiade Tokyo 2020 di Jepang, di tengah kekhawatiran pandemi Covid-19. Ibu Negara Amerika Serikat Jill Biden. (AP/Andrew Harnik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ibu Negara Amerika Serikat, Jill Biden memimpin delegasi Negeri Paman Sam ke Olimpiade Tokyo 2020 di Jepang, di tengah kekhawatiran pandemi Covid-19.

Jill tiba di pangkalan udara Yokota, Jepang pada Kamis (22/7) sore waktu setempat.

Setibanya di lokasi, ia disambut Menteri Luar Negeri Jepang dan pejabat pangkalan AS dan Jepang. Istri Joe Biden itu terpantau mengenakan gaun merah dan masker, seperti dikutip Reuters.


Jill kemudian masuk ke Istana Akasaka dengan iring-iringan mobil.

Malam hari Jill akan makan malam dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan istrinya, Mariko Suga.

Keberangkatan ke Jepang ini merupakan perjalanan luar negeri pertama Jilli. Ia akan berada di Negeri Sakura itu selama tiga hari.

Ibu negara AS berencana untuk menghadiri upacara pembukaan yang berlangsung malam ini, Jumat (23/7) pukul 20.00 waktu setempat.

Selain itu, Jill juga akan bertemu dengan para atlet kontingen AS untuk memberikan dukungan. Dia juga akan bertemu petugas dinas luar negeri AS dan Kaisar Jepang Naruhito.

Sebelumnya, Suga direncanakan akan bertemu 120 orang pemimpin negara di sela-sela Olimpiade. Namun menurut laporan, ia hanya akan bertemu dengan sekitar 15 pemimpin.

Olimpiade Tokyo 2020 menuai banyak kekhawatiran, mengingat lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di sejumlah negara.

Namun, panitia Olimpiade dan pemerintah Jepang tak patah arang untuk tetap menggelar event olahraga dunia itu. Meskipun ada banyak pertentangan dari penduduknya soal penularan Covid-19.

Disebutkan ada sekitar 11 ribu atlet, staf dan media yang berada di wisma atlet. Di antara mereka, tercatat belasan orang dinyatakan positif Covid-19.

Walaupun banyak yang menentang, namun Presiden AS, Joe Biden melihat sisi lain. Menurut salah satu sumber, ia justru menganggap Olimpiade yang sempat ditunda karena pandemi itu, sebagai momen kritis untuk menunjukkan dukungannya kepada sekutu lama.

Ia juga berharap Jepang akan mendukung upaya AS untuk menangani konflik dengan China.

(isa/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK