3 Ledakan Terjadi di Aghanistan, Taliban Jadi Target

fea, CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 04:45 WIB
Mobil patroli Taliban jadi target salah satu dari tiga serangan bom di Aghanistan yang menewaskan setidaknya dua orang. Ilustrasi. (AFP/Wakil Kohsar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setidaknya dua orang tewas saat terjadi tiga ledakan pada Sabtu (18/9) di Jalalabad, kota di area timur Afghanistan. Ini merupakan serangan mematikan pertama sejak tentara Amerika Serikat angkat kaki yang salah satunya menargetkan kendaraan Taliban.

"Pada satu serangan, kendaraan patroli Taliban di Jalalabad menjadi target," kata salah satu pejabat Taliban, dilansir dari AFP.

Pejabat itu juga menyebut wanita dan anak-anak terluka karena ledakan.


Pejabat dari departemen kesehatan provinsi Nangarhar mengatakan bahwa korban tewas sebanyak tiga orang dan 18 orang terluka. Sedangkan beberapa media lokal menyiarkan bahwa ledakan sudah membunuh dua orang.

Menurut AFP berdasarkan foto-foto di lokasi kejadian menunjukkan sebuah pikap berwarna hijau dengan bendera Taliban diselimuti puing ketika pasukan bersenjata mulai mendekati.

Jalalabad adalah ibu kota Nangarhar yang merupakan jantung kelompok ISIS di Afghanistan.

Taliban yang sudah menguasai Afghanistan sejak pertengahan Agustus telah mengusir pemerintahan dan berjanji akan menegakkan keamanan. Sejak tentara AS pergi pada 30 Agustus sebenarnya insiden besar tidak pernah terjadi.

Pengeboman ini terjadi ketika Taliban mulai mengizinkan murid dan guru laki-laki kembali bersekolah di Afghanistan. Sementara itu tidak ada pernyataan untuk murid dan guru perempuan.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK