Pesawat Kecil Dicegat Terbang Lewati Markas PBB

CNN Indonesia | Kamis, 23/09/2021 02:19 WIB
Sebuah pesawat kecil dicegat terbang ketika hendak melewati markas PBB di tengah perhelatan Sidang Majelis Umum PBB. Foto ilustrasi, gedung markas PBB. (istockphoto/mizoula)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah pesawat kecil dicegat di wilayah udara Sungai Hudson karena melanggar pembatasan penerbangan (TFR) yang dilakukan kala Sidang Majelis Umum di Markas PBB, New York City.

Pernyataan ini disampaikan oleh Komando Pertahanan Antariksa Amerika Utara (NORAD) dan Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA).

FAA mengatakan jet Cessna 182 memasuki TFR sekitar pukul dua siang, dilansir CNN.


NORAD juga menyampaikan, pesawat kecil itu dicegat oleh jet tempur F-16 dan dikawal keluar dari TFR tanpa masalah.

"NORAD secara ketat mengoordinasikan kegiatan pertahanan udara dengan FAA dan merespons sesuai kebutuhan," kata NORAD dalam sebuah pernyataan.

"Pelanggaran area Pembatasan Penerbangan Sementara (TRF) seperti ini terjadi dari waktu ke waktu dan merupakan bagian normal dari operasi NORAD."

Kabarnya, jet ini merupakan milik Akademi Militer AS di West Point. Seorang instruktur penerbang Angkatan Darat AS sedang menerbangkan jet ini untuk kelas tekniknya, ketika jet itu kemudian melanggar TRF secara singkat.

TRF untuk pergerakan VIP di wilayah udara New York berlaku mulai Senin pukul 16.45 hingga Selasa pukul 15.45 waktu setempat. Wilayah di antaranya meliputi Sungai Hudson dan Sungai Timur.

FAA sendiri masih menyelidiki insiden ini. Sidang Majelis Umum PBB sendiri dijadwalkan berlangsung dari Selasa (21/9) sampai Senin (27/9).



(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK