Kolombia Gagalkan Penyelundupan 3 Ton Sirip Hiu ke Hong Kong

CNN Indonesia | Sabtu, 25/09/2021 17:11 WIB
Aparat keamanan Kolombia menyita sirip ikan hiu seberat 3.4 ton yang akan diselundupkan ke Hong Kong. Tumpukan sirip ikan hiu yang akan diselundupkan dari Kolombia. (REUTERS/HANDOUT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aparat keamanan Kolombia menyita sirip ikan hiu seberat 3,4 ton yang akan diselundupkan melalui bandara Bogota, El Dorado.

Sirip sebanyak 3.493 kilogram itu dimasukkan ke dalam 5 kotak dan hendak diselundupkan ke Hong Kong.

Menurut aparat Kolombia, sirip itu diambil dari 900 hingga 1.000 ekor hiu berukuran lebih dari lima meter. Sirip itu juga berasal dari 3 spesies hiu.


"Diambil lebih dari tiga spesies hiu, siripnya kemungkinan dipanen dalam penangkapan ikan ilegal", kata pejabat Kementerian Lingkungan Kolombia, Carolina Urrutia, seperti dilansir AFP, Sabtu (25/9).

Pemerintah Kolombia berhasil mencegah penyelundupan itu setelah mengetahui kabar pengiriman sirip ikan hiu dari perusahaan pelayaran.

"Perusahaan pelayaran yang awalnya memberi tahu otoritas lingkungan dan polisi," kata Carolina Urrutia.

"Polisi mengambil sampel untuk mengetahui secara pasti spesies mereka, tetapi kami tahu bahwa ada lebih dari tiga spesies hiu yang ada di perairan Kolombia", lanjutnya.

Kepolisian Nasional Kolombia tengah menyelidiki kasus penyelundupan itu. Mereka juga meminta semua informasi tentang pengirim dan tujuan akhir pengiriman dari perusahaan pelayaran.

Penangkapan dan pembantaian hiu buat diambil siripnya terjadi karena permintaan pasar yang terus meningkat. Sirip hiu kerap disajikan dalam jamuan pernikahan di kalangan penduduk China.

Beberapa kalangan bahkan masih mempunyai keyakinan yang keliru tentang sirip hiu yang dinilai memiliki khasiat tertentu.

Penangkapan hiu dilarang di Kolombia sejak 2020 buat membendung perdagangan sirip hiu di Asia. Kolombia merupakan rumah bagi 76 dari 500 varietas hiu yang diketahui.

Sementara itu, penjualan dan konsumsi sirip hiu tidak ilegal di Hong Kong tetap populer meskipun populasi hiu semakin menurun selama beberapa dekade terakhir akibat industri perikanan yang terus memburu mereka buat memenuhi permintaan pasar akan sirip hiu.

(fby/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK