Yunani Borong 4 Kapal Perang Prancis

CNN Indonesia
Rabu, 29 Sep 2021 04:10 WIB
Yunani sudah membeli 3 kapal perang fregat dari Prancis dan berniat membeli satu kapal lagi jika kesepakatan berjalan mulus. Ilustrasi kapal perang. (Foto: AFP/CHRISTOPHE SIMON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Yunani membeli tiga kapal perang Prancis jenis fregat demi menambah kekuatan pertahanan negara itu.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan pembelian kapal perang itu juga diharapkan bisa mempererat kerja sama strategis antara Athena dan Paris.

Jika berjalan mulus, Mitsotakis menuturkan tak menutup kemungkinan Yunani membeli satu kapal perang lagi dari Prancis.


"Setelah 24 pesawat tempur Rafale, hari ini saya mengumumkan bahwa negara kita memperoleh tiga fregat baru untuk Angkatan Laut, dengan kemungkinan memperoleh satu lagi", kata Mitsotakis dalam ERT News.

Media Prancis melaporkan kesepakatan dengan Yunani ini bisa mencapai lima miliar euro (setara Rp83 triliun).

"Hari ini adalah hari bersejarah bagi Yunani dan Prancis. Hari ini, dengan Presiden Emmanuel Macron kami telah memutuskan untuk meningkatkan kerja sama pertahanan bilateral kami," kata Mitsotakis setelah berbicara dengan Macron melalui telepon.

Yunani dan Prancis, katanya, telah membangun aliansi yang kuat melampaui komitmen tiap negara sebagai anggota Uni Eropa dan NATO.

Macron juga membenarkan kesepakatan ini pada Selasa (28/9), dilansir Reuters.

Sebelumnya, Mitsotakis terbang ke Paris untuk menemui Macron pada Senin (27/9). Ia mengatakan bahwa kedua negara "sedang menuju pendalaman substantif dari kerja sama strategis antara Yunani dan Prancis."

Melansir ABC News, Yunani berencana membeli tiga kapal perang jenis korvet dari Prancis setelah pembelian kapal fregat ini.



(pwn/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER