Negara-negara Skandinavia Masuk Risiko Tinggi Covid Versi AS

CNN Indonesia
Rabu, 29 Sep 2021 10:42 WIB
Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menaikan level risiko tinggi Covid-19 sejumlah negara di Eropa. Foto ilustrasi Kota Bergen, Norwegia. (istockphoto/RelaxFoto.de)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menetapkan Norwegia menjadi salah satu negara berisiko tinggi penularan Covid-19. Warga AS pun tidak dianjurkan mengunjungi Norwegia. 

CDC menempatkan Norwegia pada level 4 atau "risiko sangat tinggi Covid-19" pada Senin (27/9) setelah negara Skandinavia itu menerapkan relaksasi pembatasan akibat pandemi pada akhir pekan lalu.

Selain Norwegia, negara tetangga seperti Swedia dan Denmark juga masuk dalam kategori Level 3 CDC.


Sementara itu, di Eropa Timur, risiko pandemi Covid-19 di Bulgaria juga naik menjadi kategori Level 4 dalam daftar CDC tersebut, dikutip CNN.

Menurut kriteria CDC, negara yang masuk dalam kategori Level 4 atau "risiko Covid-19 Sangat Tinggi" berarti memiliki lebih dari 500 kasus per 100 ribu penduduk dalam 28 hari terakhir.

Sementara itu, kategori Level 3 berlaku bagi negara yang memiliki 100 sampai 500 kasus per 100 ribu penduduk dalam 28 hari terakhir.

Ada beberapa negara yang kini menjadi penghuni level tiga lainnya yakni Bangladesh, Ekuator Guinea, Panama, Saint Barthelemy, Singapura, dan Slovakia.

Hampir 90 destinasi dunia masuk dalam Level 4 CDC. Lembaga itu pun sangat tidak menyarankan masyarakat bepergian ke negara-negara tersebut, terlebih bagi warga AS yang belum divaksinasi.

"Wisatawan yang divaksinasi penuh lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan dan menyebarkan Covid-19. Namun, perjalanan internasional menimbulkan risiko tambahan, dan bahkan pelancong yang divaksinasi lengkap mungkin berisiko lebih tinggi untuk mendapatkan dan mungkin menyebarkan beberapa varian Covid-19," kata CDC melalui pernyataannya.



(pwn/rds/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER