Mengenal Mustafa Kemal Ataturk, Tokoh Modernisasi Turki

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 08:29 WIB
Mustafa Kemal Ataturk sangat masyhur sebagai tokoh modernisasi dan sekuler di Turki karena upayanya memilah antara soal-soal agama dengan pemerintahan. Bapak modernisasi Turki, Mustafa Kemal Ataturk. (AFP/MUSTAFA OZER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nama tokoh modernisasi TurkiMustafa Kemal Ataturk kian ramai diperbincangkan setelah wacana penggunaan namanya sebagai salah satu jalan di Jakarta.

Sebelumnya, Duta Besar Indonesia di Ankara, Muhammad Iqbal, mengatakan Indonesia mengusulkan mengganti nama jalan di Jakarta dengan nama Ataturk.

"Kami sudah meminta komitmen dari pemerintah DKI Jakarta untuk pemerintah memberikan nama jalan dengan founding fathernya Turki di Jakarta," kata Iqbal dalam acara Ngopi Virtual, Jumat (15/10).


"Kita tahu bahwa nama pendiri bangsa Turki adalah Mustafa Kemal Ataturk. Ia pendiri bangsa Turki, Ataturk sendiri artinya bapak bangsa Turki."

Lalu, siapa sebenarnya Mustafa Kemal Ataturk?

Mengutip Britannica, Mustafa Kemal Ataturk adalah tentara, negarawan, dan tokoh reformasi pendiri Republik Turki. Namanya sangat masyhur sebagai tokoh modernisasi dan sekuler Turki karena upayanya memilah antara soal-soal agama dengan pemerintahan.

Ia lahir di Salonika, yang kini dikenal dengan nama Thessaloníki, pada 1881.

Ataturk memodernisasikan pendidikan dan hukum di Turki, pun juga mengadopsi gaya hidup masyarakat Eropa untuk dilakukan warganya. Salah bentuk adopsi ini adalah penggunaan huruf latin dan penggunaan nama bergaya Eropa dalam masyarakat Turki.

Mengutip laman resmi Otoritas Pariwisata Turki, ayah Ataturk bernama Ali Riza Efendi dan ibunya bernama Zubeyde Hanim.

Semasa kecil, Ataturk belajar di sekolah Hafiz Mehmet Efendi, kemudian pindah ke Semsi Efendi atas keinginan ayahnya. Ataturk kehilangan ayahnya pada 1888, kala ia menempuh pendidikan dasar.

Ataturk juga sempat tinggal di perkebunan milik pamannya di Rapla, dan kembali lagi ke Salonika untuk menyelesaikan pendidikan dasarnya. Selanjutnya Ataturk masuk ke SMP Salonika untuk Pegawai Negeri, kemudian pindah ke SMP Militer pada 1893.

Ataturk melanjutkan pendidikan militernya di SMA Militer Monastir dan masuk ke Sekolah Tinggi Militer di Istanbul. Ia lulus di 1902 dengan pangkat letnan dan melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer. Pada Januari 1905, ia menyelesaikan pendidikan Akmil-nya dan lulus dengan pangkat kapten.

Upaya Ataturk melepaskan Turki dari dinasti Ottoman, baca di halaman berikutnya...



Tokoh Pembebasan Turki

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER