Israel Temukan Ametis 2.000 Tahun Bergambar Pohon di Alkitab

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 14:49 WIB
Israel menemukan ametis berusia 2.000 tahun dengan gambar pohon Balsam yang disebutkan di Alkitab. Foto ilustrasi pekerja ekskavasi tengah menyikat puing artefak di situs kuno Israel. (JACK GUEZ / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Arkeolog Israel menemukan ametis berusia 2.000 tahun dengan gambar pohon Balsam yang disebutkan di Alkitab. Sukarelawan menemukan batu ini kala menyaring tanah di tempat ia melakukan pencarian artefak sejarah.

Batu ametis yang diduga segel ini ditemukan oleh sukarelawan dalam proyek "Pengalaman Arkeolog" yang dilakukan di Taman Nasional Emek Tzurim.

Informasi ini disampaikan oleh Otoritas Barang Antik Israel dan Otoritas Lingkungan dan Taman Israel pada Kamis (21/10), dalam The Jerusalem Post.


Kabarnya, batu ini memiliki ukuran sekitar sepuluh milimeter.

Diperkirakan, batu ini adalah pecahan dari cincin segel milik seorang peziarah Yahudi. Kala itu, cincin itu diduga pecah dan terjatuh.

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata batu ini memiliki ukiran pohon Balsam yang sering disebutkan dalam Alkitab, maupun sumber sejarah lain terkait Kota Nabi Daud.

Tak hanya itu, batu ini juga memiliki ukiran merpati. Para ahli menyatakan bahwa baik pohon dan merpati adalah lambang dari kesuksesan.

"Dalam segel batu ini, kami melihat buah yang diukir di atasnya tidak seperti buah-buah yang kami temui selama ini," ucap Ahli Ukiran Permata, Prof. Shua Amorai-Stark.

"Ini menjadi penemuan penting karena mungkin untuk pertama kalinya sebuah segel yang berukir tanaman berharga dan terkenal di dunia ditemukan, yang sampai sekarang hanya bisa kita baca deskripsinya lewat sejarah," Kata Arkeolog Eli Shukron.

"(Pohon) Balsam adalah simbol yang positif karena, di luar dari kegunaannya untuk diproduksi sebagai parfum dan obat, kesemek kuno, yang tampilannya sama sekali berbeda dengan kesemek saat ini, dikaitkan dengan kekuatan ajaib dan properti upacara," tambah Shukron.

Para ahli juga memperkirakan pemilik cincin segel tadi adalah orang kaya.



(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER