Jepang Terancam Krisis Anggota Penerus Kekaisaran

CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 00:50 WIB
Jepang terancam krisis anggota penerus kekaisaran setelah Putri Mako memutuskan menikah dengan warga biasa. Demo tolak pernikahan Putri Mako. (REUTERS/KIM KYUNG-HOON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jepang terancam krisis anggota penerus kekaisarannya. Pasalnya, negara itu memiliki tradisi kuat menyangkut regenerasi kekaisaran.

Salah satunya yang mengharuskan anggota kerajaan Jepang untuk keluar dari monarki jika mereka menikah dengan masyarakat awam.

Pernikahan Putri Mako dengan warga biasa, Kei Komuro, membuatnya harus melepaskan gelar kerajaan dan menyisakan Kerajaan Jepang hanya dengan 17 anggota, dikutip dari The Japan Times.


Akibat kontroversi pertunangan Mako dan Komuro, Mako memutuskan untuk tidak menerima ¥152.5 juta (setara Rp18 miliar) tunjangan yang diberikan kerajaan bila ada perempuan anggota kerajaan yang menikah dengan orang biasa. Mako menjadi orang pertama yang memilih jalan ini sejak Perang Dunia II.

"Ini adalah penyimpangan radikal yang dilakukan oleh perempuan anggota kerajaan," kata Deputi Direktur Geoekonomi di Wilson Center, Shihoko Goto.

"Dia (Mako) siap mengorbankan keuangannya dan melepaskan dirinya dari kenyamanan, keamanan, dan keistimewaan yang dia miliki untuk menjalani hidupnya sendiri."

Perginya Mako dari keluarga kerajaan menyisakan anggota keluarga itu hanya 17 orang, dan hanya tiga orang yang berpotensi meneruskan trah Kekaisaran Jepang.

Pernikahan Mako juga sempat membuka diskusi untuk mengizinkan perempuan menjadi bagian dari penerus kerajaan. Dalam survei yang dilakukan Kyodo News, 85 persen respondennya setuju Jepang dipimpin oleh kaisar perempuan.

Beberapa politisi Jepang sempat berusaha menembus perubahan aturan monarki ini, tetapi tidak berhasil.Walaupun demikian, Kekaisaran Jepang tidak bisa mengubah aturan kerajaan. Alasannya, kehidupan kekaisaran sendiri diatur dalam Hukum Jepang.

Mako dan Komuro resmi menikah pada Selasa (26/10). Putri Mako merupakan keponakan Kaisar Naruhito. Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang menyerahkan dokumen-dokumen hukum untuk mendaftarkan pernikahan Putri Mako dan Komuro pada Selasa pagi.



(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER