AL Australia Beri Bantuan untuk Keluarga Korban KRI Nanggala

CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 15:38 WIB
Pasukan Angkatan Laut Australia memberikan bantuan untuk para anggota keluarga korban kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam, akhir April lalu. Titik tenggelam kapal selam KRI Nanggala pada April lalu. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasukan Angkatan Laut Australia memberikan bantuan untuk para anggota keluarga korban kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam, akhir April lalu.

Bantuan itu diberikan saat kunjungan kapal perang HMAS Canberra ke Jakarta, Senin (25/10). Hal ini merupakan wujud salah satu misi kemanusiaan kapal itu.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian doa dan donasi dari komite kapal selam Australia. Bantuan ini akan kami sampaikan kepada yang berhak yaitu ahli waris KRI Nanggala, mudah-mudahan bermanfaat," ujar Kolonel Angkatan Laut Lusiani, dalam upacara penyambutan HMAS Canberra di Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (25/10).


Lusiani juga menyampaikan harapannya agar hubungan antara Indonesia dan Australia dapat terjalin dengan lebih baik.

"Dan kami mengharapkan, mudah-mudahan hubungan antar negara bisa lebih baik dan lebih erat," imbuhnya.

Komandan Pangkalan Utama Militer III Jakarta, Brigjen TNI Umar Faoruq, mengungkapkan bahwa donasi yang diberikan untuk keluarga korban berupa materi.

"Untuk sumbangan atau donasi yah diberikan ini, tentu bentuknya materi yang bisa diberikan kepada ahi waris yang membutuhkan," katanya.

Namun, Farouq tak menjelaskan lebih rinci nominal total bantuan yang akan diterima keluarga korban KRI Nanggala 402. Ia hanya mengatakan bantuan itu juga bagian dari kerja sama antar kedua negara.

"Menjadi tanda kerja sama antar kedua negara untuk meringankan dan mengurangi beban duka korban," paparnya.

Bantuan dari pasukan asing untuk para korban KRI Nanggala merupakan kali kedua. Sebelumnya, Inggris juga memberikan bantuan yang berasal dari masyarakat negara itu dan pasukan Angkatan Laut sebesar £53 ribu atau sekitar Rp1 miliar.

Bantuan itu diberikan saat kapal HMS Richmond berkunjung ke Indonesia 9 Oktober lalu.

Kunjungan kapal perang Australia di Indonesia merupakan serangkaian kegiatan Indo-Pacific Endevour (IPE) 2021, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kerjasama di kawasan.

Sebelum berlabuh di Indonesia, HMAS Canberra sudah malang melintang di sejumlah negara Asia Tenggara. Diantaranya, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Malaysia, Timor Leste, Singapura, dan Indonesia.



(isa/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER