KILAS INTERNASIONAL

Warga Korsel Membelot ke Korut hingga Covid India 27 Ribu Kasus Sehari

has | CNN Indonesia
Senin, 03 Jan 2022 06:26 WIB
Sederet berita meramaikan berita internasional akhir pekan lalu, dari warga Korsel membelot ke Korut hingga Covid di India melonjak dengan 27 ribu kasus sehari. Ilustrasi. (iStockphoto/narvikk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sederet berita meramaikan berita internasional akhir pekan lalu, mulai dari warga Korea Selatan membelot ke Korea Utara hingga Covid-19 di India kembali melonjak dengan laporan 27 ribu kasus dalam sehari.

1. Langka, Seorang Warga Korsel Membelot Menyeberang ke Korut

Seorang warga Korea Selatan dilaporkan membelot ke Korea Utara dengan menembus perbatasan yang dijaga sangat ketat. Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel menyatakan pihaknya mendeteksi pergerakan warga tersebut pada Sabtu (1/1) pukul 21.20 waktu setempat di bagian timur zona demiliterisasi.

"Kami mendapat kepastian bahwa orang tersebut menyeberangi perbatasan Jalur Demarkasi Militer pada sekitar pukul 22.40 dan membelot ke (Korea) Utara," demikian pernyataan JCS seperti dikutip Reuters, Minggu (2/1).

JCS tidak bisa memastikan orang tersebut berada dalam keadaan hidup atau tidak. Namun, mereka telah mengirimkan pemberitahuan kepada Korut melalui saluran khusus militer agar mereka melakukan pengamanan.

Pembelotan ini dianggap sangat langka. Biasanya, warga Korut yang membelot ke Korsel karena berbagai tekanan hidup di negara asalnya.

2. Harimau Bernama Eko di AS Ditembak Mati Usai Gigit Lengan Petugas

Seekor harimau di kebun binatang Naples, Florida, Amerika Serikat ditembak mati pada Rabu (29/12) lalu. Harimau bernama Eko tersebut ditembak karena menggigit lengan seorang petugas kebersihan melalui sela-sela kandangnya.

Pihak berwenang mengatakan bahwa harimau Malaya jantan berusia delapan tahun itu menggigit lengan petugas kebersihan yang diduga "mengelus atau memberi makan" hewan tersebut.

"Keduanya merupakan kegiatan yang tidak sah dan berbahaya," demikian pernyataan kantor Sheriff Collier County dalam sebuah pernyataan di Facebook yang dikutip AFP pada Minggu (2/1).

"Laporan awal menunjukkan bahwa harimau itu menggapai lengan pria tersebut dan menariknya ke dalam kandang setelah pria itu melintasi pagar penghalang dan memasukkan tangannya melalui pagar kandang harimau."

[Gambas:Video CNN]

3. Covid-19 di India Melonjak, 27 Ribu Kasus dalam Sehari

Selain itu, India juga kembali menyedot perhatian karena lonjakan Covid-19 yang mencapai 27.553 kasus dalam 24 jam hingga Sabtu (1/1).

Sebagaimana dilansir Reuters, jumlah tersebut meningkat tajam dari pekan sebelumnya yang hanya mencapai di bawah 10 ribu kasus.

Kementerian Kesehatan India pada Minggu (2/1) menyatakan bahwa kenaikan itu dipicu penyebaran virus corona varian Omicron di negara tersebut. Data terbaru menunjukkan total kasus positif Covid-19 varian Omicron di India saat ini mencapai 1.525 kasus.

(has/has)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER