Negara-negara Terdampak Letusan Gunung Api Bawah Laut Tonga

CNN Indonesia
Minggu, 16 Jan 2022 15:00 WIB
Letusan gunung api bawah laut di Tonga berdampak pada sejumlah negara lain. Berikut diantaranya. Ilustrasi. Sejumlah negara turut terdampak letusan gunung api bawah laut di Tonga. (REUTERS/KYODO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah negara dilaporkan terkena dampak letusan gunung api bawah laut di Tonga. Beberapa wilayah diantaranya turut diterjang tsunami, sementara beberapa lainnya waspada.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, letusan gunung api bawah laut, Hunga Tonga-Hunga Ha'apai pada Sabtu (15/1) memicu tsunami yang menerjang wilayah Nuku'alofa, ibu kota Tonga.

Gelombang setinggi 1,2 meter itu menerjang wilayah pesisir pantai, menyapu sejumlah properti, istana, dan jalan utama. Sejumlah warga juga bergegas mencari perlindungan di tempat yang lebih tinggi.


Gunung api tersebut meletus pertama kali pada Jumat (14/1) dan memuntahkan gumpalan abu vulkanik setinggi 20 kilometer ke udara.

Letusan kedua terjadi pada Sabtu (15/1) pukul 17.26 waktu setempat. Letusan kali ini memicu tsunami Tonga dan berdampak pada sejumlah wilayah lainnya. Berikut diantaranya, melansir CNN.

1. Amerika Serikat

Letusan gunung berapi di Tonga mengirim gelombang tinggi ke wilayah pesisir barat AS, dengan ketinggian mulai dari 0,9 hingga 1,2 meter, menurut kantor Layanan Cuaca Nasional di San Diego.

Gelombang tertinggi yang tercatat berada di Port San Luis, California (1,3 meter); King Cove, Alaska (1 meter); Area Cove, California (1 meter); Crescent City, California (1,1 meter); dan Port Reyes, California (0,9 meter).

Di Hawaii, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik melaporkan adanya gelombang setinggi 0,5 meter menghantam sejumlah wilayah pantai.

2. Australia

Wilayah Australia yang berlokasi sangat dekat dengan Tonga mencatat adanya kenaikan gelombang antara 10-82 sentimeter di sejumlah titik pengamatan di pesisir timur.

Badan Meteorologi setempat menyebut beberapa wilayah seperti Norfolk Island, Lord Howe Island, New South Wales, Queensland, Victoria, Macquarie Island, dan Tasmania turut terdampak.

3. Jepang

A tsunami hazard sign is posted on a light pole near the Balboa Pier in Newport Beach, Calif., on Saturday morning, Jan. 15, 2022. A tsunami advisory was issued for Hawaii and the U.S. West Coast following an undersea volcano eruption near the Pacific nation of Tonga on Saturday. (Mark Rightmire/The Orange County Register via AP)Ilustrasi. Jepang menjadi salah satu negara terdampak letusan gunung api bawah laut Tonga. (AP/Mark Rightmire)

Salah satu negara Asia yang juga terdampak tsunami gunung meletus Tonga adalah Jepang. Badan Meteorologi setempat mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir negara itu Minggu (16/1) pagi karena terlihat gelombang setinggi 2,7 meter di prefektur timur laut Iwate dan 1,2 meter di Amami.

Badan Meteorologi Jepang kemudian mengeluarkan peringatan tsunami untuk pulau Amami selatan dan rantai pulau Tokara di prefektur Kagoshima dan peringatan tsunami untuk semua wilayah pesisir yang menghadap Samudera Pasifik.

4. Selandia Baru

Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk wilayah pesisir di pantai utara dan timur Selandia Baru dan Kepulauan Chatham.

Badan Manajemen Darurat Nasional memprediksi adanya risiko arus kuat dan gelombang tak terduga di sepanjang pantai.

Selain empat negara di atas, peringatan dampak letusan gunung api bawah laut Tonga juga dikeluarkan untuk sejumlah wilayah lain yang berdekatan, seperti Fiji dan Vanuatu. Otoritas setempat menilai adanya risiko sejumlah garis pantai yang terkena gelombang tinggi.

(lnn/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER