KILAS INTERNASIONAL

Malaysia Beri Keturunan RI Status Warga sampai Houthi Teror UEA

CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 07:05 WIB
PM Malaysia memberi status warga kepada perempuan keturunan RI dan AS kirim rudal balistik ke Guam meramaikan berita internasional Senin (17/1). PM Malaysia memberi status kewarganegaraan kepada perempuan keturunan RI, Rohana Abdullah. (Foto: Arsip Harian Metro Malaysia via instagram @ismailsabri60)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa meramaikan berita internasional pada Senin (17/1) mulai dari kisah warga keturunan Indonesia, Rohana Abdullah, diberikan status kewarganegaraan oleh Perdana Menteri Malaysia sampai teror pemberontak Houthi di Uni Emirat Arab (UEA).

Perkembangan situasi di Tonga usai erupsi gunung api bawah laut yang memicu tsunami dan Amerika Serikat kirim kapal terkuat ke Guam juga menjadi perhatian pembaca.

Berikut kilas berita internasional.


3 Tewas akibat Truk BBM Meledak di UEA, Diduga Serangan Drone Houthi

Setidaknya tiga orang tewas akibat ledakan truk tangki berisi bahan bakar di Uni Emirat Arab pada Senin (17/1). Ledakan itu diduga terjadi akibat serangan drone yang dilancarkan kelompok Houthidi Yaman.

Kantor berita UAE, WAM, melaporkan bahwa insiden itu terjadi di kawasan industri Musaffah, tepatnya di dekat fasilitas penyimpanan milik perusahaan minyak ADNOC.

Selain itu, terjadi pula kebakaran di area konstruksi di dekat bandara Abu Dhabi, yang berdekatan dengan lokasi insiden truk tangki BBM.


AS Kirim Kapal Selam Terkuat ke Guam, Bawa 20 Rudal Balistik

Amerika Serikat mengirimkan kapal selam terkuat angkatan laut mereka, USS Nevada, ke Guam pada akhir pekan lalu. Kunjungan kapal yang membawa 20 rudal balistik ini dilakukan di tengah peningkatan ketegangan di kawasan Indo-Pasifik.

"Kunjungan ke pelabuhan itu memperkuat kerja sama antara AS dan sekutu di kawasan itu, menunjukkan kemampuan, fleksibilitas, kesiapan, dan komitmen berkelanjutan AS terhadap keamanan dan stabilitas kawasan Indo-Pasifik," demikian pernyataan Angkatan Laut AS, seperti dikutip CNN, Senin (17/1).

Ini merupakan kunjungan kapal selam pembawa rudal balistik pertama sejak 2016, dan yang kedua sejak 1980.
Pergerakan 14 kapal selam milik AS yang biasa disebut "boomer" ini biasanya sangat dirahasiakan.


Kisah Rohana, Gadis Keturunan RI Ditinggal Ibu di Malaysia saat Bayi

Rohana Abdullah, gadis 22 tahun keturunan Indonesia di Malaysia, kini tak lagi harus mengkhawatirkan status kewarganegaraannya. Setelah ditinggal ibunya ketika masih bayi, kini ia dipastikan bisa mendapatkan kewarganegaraan Malaysia.

Kepastian ini datang langsung dari Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob. Melalui Instagram, Ismail memastikan bahwa ia akan membantu Rohana mendapatkan kartu identitas kewarganegaraan Malaysia.

Ismail mengetahui keberadaan Rohana setelah kisah gadis itu viral di jagat maya Malaysia beberapa waktu lalu. Rohana Abdullah bercerita bahwa ia ditinggal oleh ibunya sejak bayi.


Letusan Gunung Berapi Tonga Terasa di Berbagai Penjuru Dunia

Letusan gunung berapibawah laut di Tongapada Jumat dan Sabtu pekan lalu dilaporkan terasa hingga berbagai penjuru dunia.

Erupsi kedua gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai pada Sabtu petang bahkan memicu gelombang tsunamiyang menyapu sebagian besar wilayah negara kepulauan Pasifik tersebut.

Gambar satelit menunjukkan erupsi gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai memuntahkan asap dan abu puluhan kilometer ke udara.
Suara gemuruh juga terdengar sampai Alaska, Amerika Serikat, yang berjarak 10.000 kilometer dari gunung bawah laut tersebut.

(tim/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER