KILAS INTERNASIONAL

WHO Yakin Pandemi Berakhir sampai RI Ambil Kendali Ruang Udara Natuna

CNN Indonesia
Rabu, 26 Jan 2022 06:43 WIB
Pemecatan 3 pejabat Partai Komunis China, RI resmi ambil alih FIR Natuna dari Singapura, sampai kabar baik dari WHO meramaikan berita internasional pada Selasa (25/1). Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien menyaksikan langsung penandatanganan perjanjian kedua negara di Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (25/1). (Foto: arsip biro foto setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemecatan 3 pejabat Partai Komunis China, Indonesia resmi ambil alih ruang kendali udara (FIR) Natuna dari Singapura, sampai kabar baik dari WHO soal akhir pandemi Covid-19 meramaikan berita internasional pada Selasa (25/1).

Berikut kilas berita internasional kemarin.

Partai Komunis China Pecat Tiga Pejabat karena Kasus Korupsi

Partai Komunis China (PKC) memecat tiga pejabat karena tuduhan korupsi, Senin (24/1). Berdasarkan pernyataan pengawas anti-korupsi China dikutip dari AFP, tiga pejabat tersebut kini menghadapi penyelidikan kriminal.


Pemecatan ini berlaku beberapa hari setelah otoritas China bersumpah tidak akan mengampuni pejabat yang melakukan korupsi dalam kampanye mereka.

Beberapa kritikus menilai kampanye anti-korupsi China merupakan salah satu upaya menangani musuh politik Presiden China, Xi Jinping, sejak ia berkuasa pada 2013.


RI-Singapura Resmi Tanda Tangani Perjanjian Ekstradisi

Indonesia memastikan kesepakatan perjanjian ekstradisi dengan Singapura pada Selasa (25/1).Kesepakatan tersebut dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, di Pulau Bintan, Selasa (25/1).

Jokowi dan Lee Hsien secara seksama memantau langsung pertukaran dokumen yang ditandatangani oleh perwakilan kedua negara pada Selasa (25/1) siang WIB.

"Saya Menyambut baik tercapainya sejumlah kesepakatan antar kedua negara, exchange of letter antara Menkomaritim RI dan Investasi dan Menteri Koordinasi untuk keamanan Nasional Singapura. Kemudian Perjanjian ekstradisi, kemudian persetujuan Flight Information Region (FIR), dan pernyataan bersama menteri kedua negara tentang komitmen untuk melakukan komitmen memberlakukan perjanjian kerja sama pertahanan keamanan," ujarJokowi dalam keterangan pers di Pulau Bintan, Selasa (25/1).

"Untuk perjanjian ekstradisi dengan perjanjian yang baru ini, masa retroaktif diperpanjang dari semula 15 tahun menjadi 18 tahun sesuai dengan Pasal 78 KUHP. Sementara dengan penandatanganan perjanjian FIR, maka ruang lingkup Jakarta akan melingkupi seluruh teritorial udara Indonesia terutama perairan sekitar Kepulauan Riau dan Kepulauan Natuna," Jokowi menambahkan.


WHO Yakin Pandemi Covid-19 Bisa Berakhir Tahun Ini dengan Syarat

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pandemi Covid-19kemungkinan dapat berakhir tahun ini.

"Kita dapat mengakhiri Covid-19 sebagai darurat kesehatan global dan kita dapat melakukannya tahun ini," kata Direktur Jenderal WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada dewan eksekutif organisasinya itu pada Senin (24/1).

Tedros mengatakan untuk mewujudkan hal itu negara-negara perlu berusaha lebih keras memastikan program vaksinasi dan pengobatan berjalan sesuai target.

Selain itu, Tedros juga menegaskan negara-negara tetap harus siaga melacak kemunculan varian baru virus corona dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan taat serta konsisten.

Jokowi Umumkan RI Ambil Alih Kendali Udara di Natuna dari Singapura

Presiden Indonesia, Joko Widodo, mengumumkan resmi mengambil alih ruang kendali udara (FIR) di Kepulauan Riau termasuk Natuna melalui perjanjian kesepakatan bersama dengan Singapura. Dengan demikian, ruang lingkup FIR Jakarta akan meliputi seluruh teritorial Indonesia.

"Selama penandatanganan FIR (ruang kendali udara) maka ruang lingkup FIR Jakarta akan melingkupi seluruh teritorial Indonesia terutama Natuna dan Riau," ujar Jokowi dalam konferensi pers daring di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (25/1).

Mulanya FIR di Kepulauan Riau dan Bintan dikuasai Singapura, sehingga jika ingin melintasi wilayah udara tersebut harus melalui izin negara-kota itu. Setelah diambil alih Indonesia, FIR sepenuhnya dikelola Jakarta.

(tim/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER