Balas Dendam, Ukraina Diklaim Serang Wilayah Barat Daya Rusia

rds | CNN Indonesia
Kamis, 12 Mei 2022 07:11 WIB
Rusia mengklaim militer Ukraina kembali menyerang wilayahnya di barat dara hingga menyebabkan korban jiwa. Depot BBM di Belgorod Rusia dihantam rudal Ukraina pada April lalu. (Foto: AP/)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satu orang dilaporkan tewas dan tiga lainnya cedera di barat daya Rusia akibat serangan militer Ukraina ke wilayah itu pada Rabu (11/5).

"Sampai sekarang, satu orang kehilangan nyawanya, dia meninggal dalam ambulans, dan ada tiga orang terluka," kata gubernur wilayah barat daya Belgorod, Vyacheslav Gladkov, melalui pesan Telegram.


Gladkov mengatakan itu adalah "situasi paling sulit" di wilayahnya sejak Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari.

Dikutip AFP, Gladkov menuduh Ukraina menargetkan desa Solokhi dalam serangan tersebut. Akibat serangan Ukraina, satu rumah hancur.

Pengumuman itu datang pada hari ke-77 invasi Rusia ke Ukraina berlangsung. Hingga kini, ribuan orang dilaporkan tewas akibat invasi Rusia tersebut. 

Pihak berwenang di wilayah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina telah berulang kali menuduh pasukan Ukraina melancarkan serangan.

Pada bulan April, Gladkov mengatakan helikopter Ukraina melakukan serangan terhadap fasilitas penyimpanan bahan bakar di Belgorod.

Pada Maret lalu, Rusia menuduh Ukraina menembaki pos perbatasan di Kursk dengan mortir.

Tak hanya itu, Rusia juga menuding Ukraina menyerang gudang senjata di Novoaidar, Donetsk, wilayah yang dikuasai kelompok separatis pro-Moskow.

Rusia mengklaim serangan kali itu tak hanya menyasar fasilitas sipil. Militer Rusia melaporkan, 20 rumah dan gudang yang penuh pupuk kimia juga hancur akibat serangan itu.

(rds/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER