Putin Siapkan Aturan Sita Aset Perusahaan yang Kabur dari Rusia

CNN Indonesia
Kamis, 26 Mei 2022 18:56 WIB
Presiden Vladimir Putin akan memperlusit perusahaan barat angkat kaki dari Rusia. Presiden Putin akan mempersulit perusahaan-perusahaan hengkang dari Rusia. (Foto: AP/Mikhail Metzel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Rusia di bawah Presiden Vladimir Putin akan segera menerbitkan aturan untuk mengendalikan perusahaan barat yang memutuskan angkat kaki setelah Negara Beruang Merah itu menginvasi Ukraina.

Mengutip Reuters, Kamis (26/5), undang-undang baru itu akan berlaku dalam beberapa pekan ke depan. Aturan itu memberi ruang bagi Pemerintah Rusia untuk campur tangan di perusahaan barat.

Dengan demikian, perusahaan barat akan kesulitan untuk hengkang dari Rusia.

Salah satu poin dalam undang-undang itu adalah pemerintah bisa menyita aset perusahaan asing yang angkat kaki dari Rusia.

IKEA, salah satu perusahaan yang berencana menyetop bisnisnya di Rusia, mengatakan mengikuti perkembangan rancangan undang-undang (RUU) tersebut. Untuk itu, manajemen masih mencari jalan keluar yang terbaik agar perusahaan tak merugi.

Sementara, beberapa perusahaan lain yang berencana hengkang dari Rusia, antara lain Starbucks, McDonald's, dan produsen bir AB InBev.

(aud/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER