China Luncurkan Kapal Induk Ke-3, Lebih Canggih dari Shandong-Liaoning

CNN Indonesia
Jumat, 17 Jun 2022 14:03 WIB
China resmi meluncurkan kapal induk ketiga yang diproduksi dalam negeri pada Jumat (17/6). China pamer kapal induk ketiga yang lebih canggih dari Shandong dan Liaoning. (AP/)
Jakarta, CNN Indonesia --

China resmi meluncurkan kapal induk ketiga yang diproduksi dalam negeri pada Jumat (17/6).

Kapal tersebut dinamai Fujian dan diluncurkan di Kota Shanghai. Kapal induk Fujian diklaim lebih canggih dari dua kapal induk sebelumnya yang dinamakan Shandong dan Liaoning.


Sebagaimana diberitakan Xinhua, kapal Fujian ini merupakan kapal induk pertama produksi China yang dilengkapi fitur perangkat lepas landas (catapult). Kapal ini juga dapat menampung beban lebih dari 80 ribu ton.

Tak hanya itu, kapal Fujian dilengkapi dengan perangkat elektromagnetik dan perangkat untuk memperlambat kecepatan pesawat saat mendarat.

Namun, masih belum jelas kapan kapal induk tersebut mulai beroperasi.

"Uji pelayaran dan menambat akan dilakukan seperti rencana setelah kapal itu diluncurkan," demikian laporan dari media pemerintah CCTV.

Sebagaimana diberitakan AFP, China memiliki dua kapal induk lain.

[Gambas:Video CNN]

Kapal induk pertama, Liaoning, ditugaskan pada 2012. Sementara itu, kapal induk Shandong ditugaskan pada 2019.

Tak seperti Fujian, kedua kapal tersebut menggunakan platform lompatan ski untuk peluncuran pesawat. Kedua kapal itu juga tak memiliki sistem perangkat lepas landas catapult.

Sementara itu, peluncuran kapal Fujian ini dilakukan kala tensi China-Amerika Serikat memanas dalam beberapa pekan terakhir. Salah satu pendorong tensi tersebut adalah tekanan Beijing ke Taiwan, yang diklaim China merupakan bagian dari kedaulatan mereka.

China kerap menempatkan kapal perang mereka di Selat Taiwan. Beijing juga sering mengerahkan jet tempur mereka untuk mengusir AS dan sekutunya.

Di sisi lain, AS memiliki kapal induk terbanyak yang masih beroperasi, yakni sebelas buah. Selain AS, Inggris turut memiliki kapal induk meski hanya dua buah.

(pwn/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER