Deret Pejabat yang Ikut Misi Damai Jokowi ke Ukraina-Rusia

isa | CNN Indonesia
Jumat, 01 Jul 2022 11:57 WIB
Jokowi ditemani sejumlah pejabat Kemlu RI dan kantor Presiden RI saat melaksanakan misi damai ke Rusia-Ukraina. Jokowi ditemani sejumlah pejabat Kemlu RI dan kantor Presiden RI saat melaksanakan misi damai ke Rusia-Ukraina. (Foto: AP/Alexander Zemlianichenko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pejabat turut mendampingi Presiden Joko Widodo berkunjung ke Ukraina dan Rusia yang berlangsung pekan ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, mengatakan seluruh pejabat yang ikut dalam rombongan Jokowi itu berasal dari kantor presiden dan Kemlu RI.

"Ada tiga pejabat eselon 1, tapi hanya dua yang ikut hingga Uni Emirat Arab dan Rusia," kata Faizasyah kepada CNNIndonesia.com pada Kamis (30/6).

Ia kemudian berkata, "Yang satu melekat dengan presiden, yaitu Dirjen Protokol dan Konsuler Kemlu yang sekaligus sebagai Kepala Protokol Negara."

[Gambas:Video CNN]

Mereka yakni Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Sekreraris Jenderal Kemlu RI Cecep Hermawan, Direktur Jenderal Amerika Eropa I Gede Ngurah Swajaya, dan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kemlu, Andy Rachmianto.

Jokowi berkunjung ke Ukraina pada Rabu (29/6). Setibanya di negara itu, ia dan rombongan menyempatkan diri melihat puing-puing bekas perang di apartemen kota Irpin.

Setelahnya, ia menyambangi sejumlah fasilitas kesetahan dan memberikan bantuan kemanusiaan berupa alat kesehatan untuk Ukraina.

Kemudian Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, dan menyampaikan beberapa hal. Mulai dari siap jadi perantara Rusia-Ukraina, hingga sepakati bebas visa Ukraina-RI.

Usai bertemu Zelensky, Jokowi bertolak ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin pada Kamis (30/6).

Saat bertemu Putin, Jokowi menyampaikan sejumlah poin penting. Mulai dari dorong perdamaian, membuka ruang dialog, menjamin keamanan Rusia untuk jalur ekspor pangan Ukraina, serta reintregasi pupuk dan pangan Rusia-Ukraina.

(isa/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER