Jokowi Klaim Zelensky Titip Pesan ke Putin, Bagaimana Faktanya?

rds | CNN Indonesia
Minggu, 03 Jul 2022 15:26 WIB
Klaim Jokowi yang mengaku dititipkan pesan oleh Zelensky saat di Kyiv untuk disampaikan kepada Putin di Moskow menjadi perdebatan. Klaim Jokowi yang mengaku dititipkan pesan oleh Zelensky saat di Kyiv untuk disampaikan kepada Putin di Moskow menjadi perdebatan. (Foto: AP/Alexander Zemlianichenko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lawatan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia pekan ini kembali menjadi sorotan.

Ukraina seakan "membantah" klaim Presiden Joko Widodo yang mengatakan dirinya dititipkan pesan oleh Presiden Volodymyr Zelensky untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Bagaimana awalnya terjadi?

Seperti yang telah diketahui, Presiden Jokowi melakukan safari ke tiga negara Eropa dalam sepekan terakhir yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia.

Di Jerman, Jokowi memenuhi undangan menghadiri pertemuan puncak (KTT) G7. Selepas itu, Jokowi bertolak ke Ukraina dan Rusia untuk membawa misi perdamaian demi mendorong Kyiv-Moskow mengakhiri peperangan.

Jokowi pun tiba di Kyiv dan bertemu Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu (29/6). Usai blusukan ke kota bekas zona perang, Jokowi dan Zelensky melakukan pertemuan bilateral dan dilanjutkan menyampaikan pernyataan pers bersama di depan wartawan.

[Gambas:Video CNN]

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan empat hal utama yakni menyampaikan undangan ke Zelensky untuk hadir di KTT G20 di Bali November mendatang, menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan kedaulatan dan integritas wilayah, pasokan pangan, hingga pentingnya perdamaian.

"Ketiga, walaupun masih sangat sulit dicapai, saya tetap menyampaikan pentingnya perdamaian dan spirit perdamaian itu tidak pernah boleh luntur," kata Jokowi dalam pidatonya.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya temui segera," ucapnya menambahakn.

Meski telah ditawarkan, Zelensky dalam pidatonya tak menyebutkan apa-apa soal Putin, apalagi menitipkan pesan kepada Jokowi.

Jokowi juga tak membeberkan bagaimana respons Zelensky terkait tawarannya.

"Kami mengapresiasi dukungan Indonesia dan juga dukungan pribadi, personal Anda yang ada di masa perang tersebut untuk memperjuangkan kemerdekaan kami. Kami akan memperjuangkan kemerdekaan kami dan juga kemerdekaan Ukraina dari perang kolonial yang dilancarkan oleh Rusia," kata Zelensky.

Konfirmasi Ukraina soal klaim Jokowi, dapat dibaca di halaman berikutnya >>>

Jokowi Klaim Zelensky Titip Pesan ke Putin, Bagaimana Faktanya?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER